Bangkitkan Pariwisata Bali melalui Tourism Sport

DENPASAR, Serbibali.com – Upaya untuk memaksimalkan pariwisata Bali dan meningkatkan budaya berolahraga, Bali Cycling Marathon (BCM) 2021 kini kembali digelar. Setelah resmi disupport oleh Kemenparekraf serta Kemenpora sebagai salah satu Event yang akan dijadikan percontohan Event-Event serupa di masa pandemi di Indonesia. Selasa (6/4).

Ketua Panitia Komang Banu Takuaki mengatakan Sejak adanya pengumuman covid 19 di Indonesia dan ditetapkan menjadi pandemi oleh WHO telah terbentuk pola kehidupan baru bermasyarakat. Bali yang bergantung pada wisatawan asing didorong memaksimalkan potensi wisatawan Nusantara melalui atraksi-atraksi wisata lokal yang ada dengan tetap mengutamakan unsur kesehatan. Penyelenggaraan acara ini akhirnya menjadi salah satu percontohan kegiatan yang berhasil diadakan di masa pandemi.

“Terinspirasi dari kesuksesan BCM 2020, kini BCM 2021 hadir dengan konsep yang lebih tertata dan menarik dengan tetap memanfaatkan wisata budaya Bali dalam kemasan konsep Leisure Sport,” katanya.

BCM 2021 masih Banu, ingin membawa peserta berkeliling menikmati Pulau Bali seluruhan, sehingga BCM 2021 akan dibagi menjadi tiga rangkaian acara utama yaitu BCM2021 Journey Series, BCM 2021 Virtual Edition dan main event Bali Cycling Marathon 2021.

BCM 2021 Journey series merupakan bersepeda maraton dengan jarak tempuh minimal 84 km. Setiap serinya hanya akan diikuti oleh 50 peserta meliputi Nusa Penida All Bike series, Bali Selatan Seli Bike Series, Bali Barat Fixed Gear Bike Series, Bali Timur Road Bike Series, Bali Tengah Mountain Bike Series.

Lebih lanjut, secara Virtual Edition akan dilaksanakan dalam rangka 17 Agustus (Hari Kemerdekaan RI), 9 September 2021 Hari Olahraga Nasional yang menargetkan paserta-1000 sepeda diseluruh Indonesia dengan berbagai jenis sepeda, terbuka untuk umum baik perorangan maupun komunitas minimal umur peserta adalah 17 tahun. 

Acara bersepeda dilaksanakan selama 23 hari dapat dilakukan dimana saja sesuai daerah asal serta dengan jarak tempuh minimal 42, 2 Km dan maksimal 1000 km pencatatan waktunya direkam secara digital melalui aplikasi yang terhubung otomatis dengan akun panitia.

Adapun Bali Cycling Marathon-Big event dengan Medium Track # A  akan dilaksanakan di Nusa Penida,  Medium Track # B dan Long Track kembali dilaksanakan di Nusa Penida,16-17 Oktober 2021 mendatang. “BCM 2021 akan melibatkan atlet sepeda serta selebriti untuk ikut berolahraga sekaligus berwisata wisata di Bali khususnya pariwisata olahraga bersepeda,” ujarnya.

Sebagai bagian dari upaya melestarikan lingkungan, BCM 2021 juga menyediakan water station di beberapa lokasi di Pulau Bali dan Nusa Penida agar masyarakat bisa mengisi ulang botol minum mereka sehingga mengurangi pemakaian botol plastik. mb/sb

Leave a Reply

Your email address will not be published.