Dalam Rangka HDKD 2021, Kadivpas Suprapto Saksikan Lomba Buka Kunci Blok di Lapas Kelas II B Singaraja

Buleleng, SERBI BALI – Dalam rangka HDKD 2021 (Hari Dharma Karya Dhika), Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Kelas II B Singaraja, Kabupaten Buleleng menggelar perlombaan membuka Kunci Blok.

Kadivpas (Kepala Divisi Pemasyarakatan) Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Bali, DR.Suprapto, Bc.IP.,SH.,MH., didampingi Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan dan Teknologi Informasi, Kepala Subbagian Kepegawaian dan Rumah Tangga serta Kepala Subbagian Humas, Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi menjadi Tim Juri, sekaligus menyaksikan perlombaan membuka Kunci Blok, bertempat di Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Kelas II B Singaraja, Kabupaten Buleleng, pada Kamis (28/10/2021).

Kadivpas Suprapto menyatakan, kegiatan lomba ini, diikuti 14 Tim peserta lomba, yang terdiri dari 1 (satu) orang pegawai bagian administrasi dan 1 (satu) orang pegawai bagian penjagaan.

Dijelaskan, masing-masing Tim harus mengejar waktu, dalam membuka Kunci Blok serta menutupnya kembali.

Selanjutnya, dijelaskan, Tim yang paling cepat membuka Kunci Blok dan kemudian menutupnya kembali, akan keluar sebagai pemenang lomba.

Pada kesempatan tersebut, Kadivpas Suprapto menyampaikan, bahwa peserta lomba membuka Kunci Blok ini, terdiri dari kolaborasi antara staf administrasi dan penjagaan. Hal ini menunjukkan, bahwa tugas pokok dan fungsi, dalam menertibkan Kunci Blok, bukan hanya tanggung jawab penjagaan, tetapi, seluruh pegawai yang ada di Lapas Kelas II B Singaraja.

Lebih lanjut, Kadivpas Suprapto menyampaikan, selain untuk memeriahkan Hari Dharma Karya Dhika / HDKD 2021, lomba ini juga dapat dijadikan sebagai ajang simulasi, terkait kesigapan para petugas Lapas Kelas II B Singaraja, dalam mengantisipasi bencana alam atau kejadian yang tidak terduga, seperti kebakaran, khususnya kesigapan, kecepatan dan kecermatan dalam membuka Kunci Blok, sehingga WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) yang terkunci didalam blok tersebut dapat diselamatkan.

Diakhir acara, Kadivpas Suprapto menyampaikan apresiasi kepada Kalapas (Kepala Lembaga Pemasyarakatan) Kelas II B Singaraja beserta jajarannya dan para WBP atas terselenggaranya lomba membuka Kunci Blok ini.

“Semoga dapat lebih meningkatkan kesigapan seluruh petugas dalam menghadapi hal-hal atau kejadian yang tidak diinginkan,” pungkas Kadivpas Suprapto. ace

Leave a Reply

Your email address will not be published.