Dukung Wujudkan Kota Denpasar Maju Berkonsep Menyame Braya, Maha Gotra Tirta Harum Kota Denpasar Gelar Lokasabha I

DENPASAR,SERBIBALI.COM-Ditandai pemukulan gong, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, S.E., membuka secara resmi Lokasabha I Maha Gotra Tirta Harum (MGTH) Kota Denpasar di Gedung Nari Graha Renon, Denpasar, pada Minggu (30/1/2022).

Dengan memperhatikan Protokol Kesehatan yang ketat, pelaksanaan Lokasabha I MGTH Kota Denpasar disambut baik oleh angga semeton, yang dihadiri oleh 200 orang semeton.

Acara Lokasabha ini turut dihadiri oleh penglingsir MGTH Pusat, Brigjen TNI (Purn.) I Dewa Gede Oka dan mantan Gubernur Bali, Drs. I Dewa Made Beratha. Adapun acara ini dilaksanakan oleh kepanitiaan Lokasabha I MGTH Kota Denpasar yang diketuai oleh dr. I Dewa Gede Adi Palguna, S.Ked.

Terlaksananya kegiatan ini diinisiasi oleh kepengurusan sementara MGTH Kota Denpasar serta didukung penuh secara fasilitas dan pendanaannya oleh Puri Ubung bersama-sama semeton MGTH Kota Denpasar.

Selaku pelindung organisasi MGTH Kota Denpasar, Walikota Jaya Negara menyatakan, bahwa tema “Vasudhaiva Kutumbakam” yang diusung dalam Lokasabha I sejalan dengan visi Kota Denpasar sebagai kota kreatif berbasis budaya menuju Denpasar Maju (Makmur, Aman, Jujur dan Unggul) yang merupakan pengejawantahan dan sinergitas dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, dengan pelaksanaan Pola Pembangunan Semesta Berencana guna mewujudkan kota kreatif berbasis budaya menuju Denpasar Maju dengan konsep Vasudhaiva Kutumbakam atau Menyama Braya.

“Pada intinya, sesuai dengan Visi Misi membangun Denpasar berbasis budaya akan bersinergi dengan Nangun Sat Kerthi Loka Bali dalam menjaga dan mengawal budaya dan identitas Bali, dasar yang sama juga untuk mewujudkan Denpasar Maju dengan konsep Vasudhaiva Kutumbakam,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Umum Maha Gotra Tirta Harum Provinsi Bali, Dr.dr. A.A. Gede Putra Wiraguna, Sp.KK (K), menyatakan, bahwa Lokasabha yang pertama ini sebagai upaya hilirisasi organisasi MGTH pada tingkat Kota/Kabupaten.

Menurutnya, kegiatan yang bertemakan “Vasudhaiva Kutumbakam” ini memiliki tujuan khusus untuk meningkatkan srada bhakti kepada leluhur, eling ring pasemetonan serta mendukung perwujudan Kota Denpasar Maju dengan konsep “Menyame Braya”.

Lebih lanjut, Ketua Umum Putra Wiraguna menjelaskan, ide awal pelaksanaan Lokasabha di masing-masing Kota/Kabupaten di seluruh Bali diinisiasi pada Mahasabha II Maha Gotra Tirta Harum Pusat, dimana Ketua Umum Putra Wiraguna mengamanatkan sistem kepengurusan yang berjenjang guna mengakomodasi semeton MGTH di seluruh Bali.

Disebutkan, adapun dalam rangkaiannya, Lokasabha MGTH Kota Denpasar diawali dengan kegiatan pra-Lokasabha, yang didalamnya terdapat sosialisasi sejarah trah Maha Gotra Tirta Harum.

Dijelaskan, pra-Lokasabha ini bertujuan sebagai momentum awal mempererat pasemetonan MGTH Kota Denpasar secara khusus.

Seperti diketahui, imbuhnya, tingginya kuantitas angga pasemetonan eksodus yang berdomisili di Kota Denpasar menjadikan MGTH Kota Denpasar sebagai episentrum organisasi, dalam mempererat pasemetonan Maha Gotra Tirta Harum seluruh Bali.

Dipaparkan, kegiatan Lokasabha ini memiliki agenda untuk menetapkan Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) serta mengukuhkan Kepengurusan MGTH Kota Denpasar periode 2022-2027.

“Saat ini, MGTH Kota Denpasar dipimpin pengurus sementara yang diketuai oleh Drs. I Dewa Putu Mayun (alm.). Namun, karena Beliau telah meninggal dunia, digantikan oleh Drs. I Dewa Kompiang Gede.

Lanjutnya, pada pleno ini telah disepakati secara musyawarah dan mufakat susunan kepengurusan MGTH Kota Denpasar, yang terdiri dari Parum Penglingsir MGTH Kota Denpasar, Sabha Kerta MGTH Kota Denpasar Ketua Pengurus MGTH Kota Denpasar serta Susunan Kepengurusan MGTH Kota Denpasar periode 2022-2027.

Rapat pleno pra-Lokasabha ini menyepakati I Bagus Made Wirajaya, S.E., menjadi calon tunggal dan dikukuhkan sebagai Ketua Maha Gotra Tirta Harum Kota Denpasar periode 2022-2027.

“Kegiatan ini dapat terlaksana atas dukungan dana punia dari anggota MGTH Kota Denpasar,” pungkasnya. ace

Leave a Reply

Your email address will not be published.