Gandeng UMKM, Mandiri Oceanman Bali Tingkatkan Perekonomian Bali pada Masa Pandemi

DENPASAR,SERBIBALI.COM-Mandiri Oceanman Bali merupakan acara internasional lomba renang, yang pelaksanaanya menggandeng UMKM Bali, untuk meningkatkan perekonomian Bali, sekaligus kembali menggairahkan pariwisata Bali, ditengah terjangan pandemi Covid-19. Kini, ajang Mandiri Oceanman Bali, dipusatkan di Bali sebagai ajang tahunan, bertempat di Mertasari Beach Sanur, Bali, 17-18 September 2021.

Bagian E-Channel PT.Bank Mandiri (Persero) Tbk., Made Predanggapati Juana yang akrab disapa Angga Juana memaparkan, pihaknya sebagai perwakilan Bank Mandiri Region XI membawahi Bali dan Nusa Tenggara, yang menyebut acara ini, bernama Oceanman Bali, yaitu acara internasional berupa lomba renang, yang rutin digelar, tiap tahunnya dan Bank Mandiri sebagai sponsor utamanya.

“Awalnya, acara ini, dijadwalkan bulan lalu, akhirnya, Astungkara berjalan juga. Jadi, 17-18 September dilakukan acaranya,” ungkapnya.

Terkait tempat pelaksanaan di Bali, Angga Juana menjelaskan, pemerintah mendukung acara Oceanman dilaksanakan di Bali, dikarenakan, selain untuk meningkatkan kembali gairah pariwisata Bali, pihaknya juga menggandeng UMKM, untuk membuka stand, dengan memperkenalkan produk-produk unggulannya.

“UMKM disini, dipilih dari pihak Kementrian bersama kami dari Bank Mandiri juga memilihnya, dalam meningkatkan nama Bali disini,” kata Angga Juana.

Disebutkan, salah satunya dengan memperkenalkan Herbali, yang produknya asli Bali. Karena, masa pandemi Covid-19, yang diutamakan bidang kesehatan. “Jadi, produknya sangat cocok untuk dikonsumsi. Sektor yang potensial naik pada masa pandemi tentang kesehatan,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Angga Juana merasakan produk Herbali, yang diakuinya, sangat enak, karena, berbahan alami. “Mudah-mudahan bisa nambah imun tubuh. Bisa beraktivitas normal di masa pandemi,” ujar Angga Juana dengan raut muka ceria.

Sementara, Gek Ayu Rismini Lokika Wati, yang akrab disapa Gek Ayu Herbali mengungkapkan, dirinya sebagai pemilik PT. Herbali Nusantara, yang usahanya bergerak dalam bidang minuman herbal atau industri minuman dan makanan produk olahan, dalam kemasan, seperti Lemonic Healthy Choice, yang terbuat dari lemon, bawang putih, jahe, cuka, apel dan madu. Produk lainnya, lanjutnya, Morinda Citrifolia atau Noni Juice yang terbuat dari seratus persen dari buah mengkudu.

“Produk kami telah diekspor ke Korea dan beberapa Negara lainnya,” jelas Gek Ayu Herbali.

Lebih lanjut, disebutkan, Lemonic berdiri, pada tahun 2017 dan Noni Juice ini, sejak 2004. Sementara, target marketnya, Gek Ayu Herbali menyebutnya, untuk Nony Juice diekspor ke Korea dan kini, telah merambah ke lokal sendiri. Tetapi, untuk Lemonic, lanjutnya, target marketnya, khusus lokal.

“Pabrik kami ada di Tabanan. Semenjak masa pandemi Covid-19, lumayan penjualan kami, terutama Lemonic, untuk tingkatkan imun tubuh kita, supaya sehat. Jadi, masyarakat kita, meminum produk herbal, agar kita merasa sehat dan fit. Bisa untuk tingkatkan imun kita,” imbuhnya.

Pada masa pandemi Covid-19, Gek Ayu Herbali juga mendapat fasilitas dari Kementrian, untuk membuat Hand Sanilitizer. “Produk ini dibuat, saat baru adanya pandemi,” tutur Gek Ayu Herbali.

Pihaknya mengakui dengan adanya event Oceanman yang disponsori oleh Bank Mandiri, telah turut serta berpartisipasi mengikuti pameran UMKM. “Ini sangat luar biasa dan mensupport UMKM Bali, agar bisa memajukan perekonomian Bali dan menarik kembali gairah pariwisata Bali. Kami ajak wisatawan mancanegara untuk datang ke Bali, khususnya turis-turis luar negeri dan lokal,” tutur Gek Ayu Herbali.

Selain itu, pameran UMKM Bali juga diikuti annaCole Design, yang fokus bidang usahanya Fashion Design.

Pemilik nama usaha annaCole, Oca Anna menjelaskan,
annaCole design adalah produk Fashion berbahan linen yang berkualitas tinggi dan berasal dari serat tumbuhan Flaks atau Linum Usitatissimum sebagai salah satu serat pakaian tertua yang digunakan manusia.

Disebutkan, annaCole baru memulai usahanya, semenjak awal Oktober 2020. Walaupun, masih baru, akan tetapi, annaCole design sangat mengutamakan kualitas semua produknya.

“Untuk produk-produknya kami, khusus bahan linen saja. Lebih detailnya, bisa dilihat di Intagram (Ig). Ini ig saya annacole.c.,” terang Oca Anna.

Pada kesempatan yang sama, pemilik usaha berlabel Halu.an, Defria memaparkan, jenis usahanya di bidang Fashion Creative Design, yang mengkolaborasikan Fashion dengan Teknologi.

Lebih lanjut, Defria menyebutkan, nama brandnya AnnBbaby dan Halu.an

“Jika brand AnnBbaby ada 2014 dan kalau halu.an 2019. Saya yang design sendiri dan produksi sendiri. Untuk produk kami, detailnya bisa dilihat di Ig kami @haluan.bali,” tegas Defria.

Berikutnya, Angga Juana berharap, agar acara ini berlanjut terus, setiap tahunnya. Mengingat potensi UMKM di Bali, pihaknya selalu mendukungnya, karena, produk Bali telah go internasional. “Rasanya kita bisa bersaing keluar yang membawa nama produk Bali hingga keluar negeri, karena, pesertanya berasal dari mancanegara. Ini juga momentum memperkenalkan produk asli Bali. Harapannya, acara ini rutin dijalankan, tiap tahunnya,” pungkas Angga Juana. ace

Leave a Reply

Your email address will not be published.