Jelang PKB, Dana Kontingen Gianyar Belum Cair

2 min read

GIANYAR, SERBIBALI.COM – Jelang Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIII Tahun 2021, duta  Kabupaten Gianyar telah siap 90 persen. Hanya saja hingga kini dana pembinaan untuk operasional latihan belum sepenuhnya cair. Hal ini pun disikapi oleh sekaa yang ditunjuk untuk mewakali kabupaten dengan menggunakan kas serta donatur.

Kabid Kesenian dan Tenaga Kebudayaan, I Wayan Darya, Senin (17/5), membenarkan hal tersebut. Kendati demikian tidak ada penurunan semangat dari duta kesenian. Malah menurut Darya, mereka tertantang untuk menunjukkan tampilan yang maksimal.

“Penampilan ini akan disiarkan langsung melalui chanel youtube Disbud Gianyar, ini bisa disaksikan di seluruh dunia,” ungkap Darya sembari menamhkan bahwa seniman Gianyar, jiwa Gianyarnya masih kental, dan tidak main- main pasti maksimal.

Terkait penampilan tanpa penonton secara langsung yang dilakukan, keputusanya masih dibahas dalam rapat di provinsi. “Belum bisa dipastikan itu, niki (ini) Sekdis masih melakukan rapat di provinsi, terkait bagaimana teknisnya belum bisa disampaikan,” jelasnya.

Dikatakan Darya, dalam PKB ke XLIII materi parade Kabupaten Gianyar mengikuti 3 item, yakni Gong Kebyar Dewasa yang diwakili Banjar Kawan, Desa Mas, Ubud. Gong Kebyar Anak-Anak diwakili Banjar Bedil, Sukawati, dan Gong Kebyar Wanita diwakili Desa Melinggih, Payangan. Selain itu ada sejumlah lomba-lomba yang juga diikuti.

“Karena keterbatasan anggaran dampak pandemi, semua seperti ini. Bahkan ada kabupaten tidak mengirim satu pun kontingennya. Beruntung Gianyar bisa ikuti, dan tidak ada pembatalan pengiriman kontingen kesenian,” ungkapnya.

Lebih lajut, anggaran parade Gong kebyar Dewasa yang diikuti tahun ini besarannya hanya Rp200 juta. Hal ini turun derastis dari tahun sebelum pandemi covid-19 yang mencapai Rp600 juta. Begitu juga dengan parade Gong Kebyar Anak-Anak dan wanita juga mengalami penurunan. “Tahun ini hanya Rp200 juta. Anggran ini kelanjutan tahun sebelumnya yang tidak jadi tampil karena pandemi, semua anggarannya turun,” jelasnya.

Sementara terkait anggaran keseluruhan item matari PKB XLIII yang akan diikuti Kabupaten Gianyar sekitar Rp1,2 miliar, yang  rinciannya Rp700 juta dari APBD dan Rp500 juta dari BKK Provinsi.

Persiapan lainnya yaitu syarat vaksin yang harus diikuti oleh seniman telah dituntaskan. Semua seniman termasuk kru pendukung sudah divaksin hingga tahap ke dua.

“Sudah divaksin sekitar 600 seniman hingga kru pendukung. Hanya anak-anak yang jumlahnya sekitar 100-an tidak dilakukan vaksin karena berumur di bawah 18 tahun,” ujar Darya.  Jadi dia mengatakan  persiapannya mengikuti ajang PKB sudah mencapai 90 persen, tinggal rias dan tampil untuk menjadi 100 persen. (mb/sb)

Berita Lainnya

More From Author

+ There are no comments

Add yours