Lusa, Badung Mulai Vaksinasi Covid-19

Dipusatkan di Puskesmas Abiansemal I 

BADUNG, SERBIBALI.COM – Vaksinasi Covid-19 akan dimulai di tingkat Pusat pada Rabu (13/1) ini. Kemudian akan dilanjutkan secara serentak di tingkat provinsi pada Kamis (14/1) besok, dan pada Jumat (15/1) akan dilakukan secara serentak pula di tingkat kabupaten, termasuk Kabupaten Badung.

’’Sesuai instruksi dari Pusat dan Provinsi, kick off pada tanggal 15 Januari 2021,’’ kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, dr. Nyoman Gunarta, ketika dimintai konfirmasi Selasa (12/1) kemarin.

Gunarta menyebutkan vaksinasi perdana untuk para pejabat, pimpinan organisasi profesi, tokoh masyarakat, sebagai role model. ’’Kami pusatkan di Puskesmas Abiansemal 1,’’ katanya.

Ditanya berapa vial vaksin yang akan direalisasikan pada hari pertama tersebut, Gunarta menyebutkan setiap tempat pelayanan vaksin pada tahap awal 30 vial per hari. Untuk Kabupaten Badung, dia merinci ada sekitar 20 Fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan).  Dengan demikian, per hari akan divaksin lebih kurang 600 orang.

Ketika diminta tanggapan masih ada warga yang takut untuk menerima vaksinasi Covid-19 ini, Gunarta menyatakan vaksin yang diberi nama Sinovac sudah mendapatkan Emergency Used Authorization (EUA) dari BPOM.

’’Jadi sudah aman digunakan. Kami tentu berharap pada tahap awal, karena menyasar SDM kesehatan, partisipasi akan tinggi.

Dengan nanti melihat antusias di SDM kesehatan yang tinggi, kami berharap masyarakat bisa menerima langkah vaksinasi,’’ tandasnya.

Sementara Kabag Humas Setda Badung, Made Suardita, menambahkan, Kabupaten Badung mendapat 303.000 vial vaksin Covid-19 Sinovac. ’’Nanti yang menjadi sasaran utama dulu adalah warga yang berumur 18 hingga 55,’’ katanya.

Semenara sebelumnya, Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta, menyatakan siap menjadi orang pertama yang menerima vaksin. Wakil Bupati Badung, Ketut Suiasa, dan Ketua Bapemperda DPRD Badung, I Nyoman Satria, juga menyatakan siap untuk menjadi yang pertama menerima vaksin Covid-19. sud

Leave a Reply

Your email address will not be published.