Pesawat Qantas Airways Rute Denpasar-Darwin Terbangkan 172 Penumpang Menuju Australia

BADUNG,SERBIBALI.COM-Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai memberikan pelayanan kepada penumpang yang akan kembali ke Australia, pada Sabtu (19/9/2021).

Kakanwil (Kepala Kantor Wilayah) Kemenkum HAM Bali, Jamaruli Manihuruk didampingi Humas, I Putu Surya Darma mengungkapkan, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai melakukan pengawasan keberangkatan dan pemberian izin keluar terhadap penumpang dari pesawat Qantas Airways (QF108), dengan rute Denpasar-Darwin.

Lebih lanjut, dijelaskan, adapun rinciannya adalah Crew berjumlah 12 (dua belas) orang (Stay On Board), yaitu 11 orang WNA (Warga Negara Asing) asal Australia dan 1 (satu) orang WNA (Warga Negara Asing) asal Jepang.

Berikutnya, kata Kakanwil Jamaruli Manihuruk didampingi Humas I Putu Surya Darma, khusus penumpang berasal dari berbagai negara, yang berjumlah 172 (seratus tujuh puluh dua) orang. Adapun rinciannya adalah 85 orang WN Indonesia, 73 orang WNA Australia, 3 orang WNA New Zealand, 3 orang WNA UK, 2 orang WNA Malaysia, 2 orang WNA Philippines, 1 orang WNA Hungaria, 1 orang WNA Italia, 1 orang WNA Nedherland dan 1 orang WNA Rusia.

“Ya, ini penerbangan biasa. Ini bukan repatriasi, karena, banyak Warga Negara lainnya, yang ikut serta, termasuk WNI (Warga Negara Indonesia),” tegasnya.

Sementara, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, I Nyoman Gede Surya Mataram, S.H., M.H., memaparkan, sebelum memberikan izin keluar, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai melakukan pemeriksaan terhadap dokumen perjalanan dan izin tinggal Orang Asing beserta memastikan dokumen perjalanan, izin tinggal masih berlaku dan tidak termasuk dalam daftar pencegahan, dengan melakukan scan dokumen atau input data perlintasan, dalam sistem APK.

“Intinya, petugas Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai telah memberikan pelayanan kepada penumpang yang akan berangkat ke Australia. Ini merupakan penerbangan kedua pesawat dari Bandara I Gusti Ngurah Rai yang mengangkut penumpang langsung ke Australia,” ungkapnya.

“Setelah diberikan izin keluar kepada 12 (dua belas) orang crew dan 172 (seratus tujuh puluh dua) orang penumpang, pesawat Qantas Airways (QF108) berangkat dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali menuju Australia, pada pukul 01.10 WITA,” pungkasnya. ace

Leave a Reply

Your email address will not be published.