Tutorial Cara Mengisi Sensus Penduduk Tahun 2020 Berbasis Online

Bali, SERBIBALI.COM – Pemerintah kembali menggelar Sensus Penduduk 2020 yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik atau BPS. Dalam mendata penduduk, kini pemerintah akan melakukannya secara online di mana masyarakat dapat mengaskesnya melalui internet.

Dikutip dari Pikiran-Rakyat.com dari kanal Youtube BPS Statistics, pengisian ini dapat dilakukan mulai tanggal Sabtu 15 Februari 2020 hingga 31 Maret 2020.

  1. Hal pertama yang disiapkan adalah dokumen penting untuk melakukan sensus penduduk online yaitu KTP, KK, dan akta pernikahan, jika ada.
  2. Dalam melakukan login semua anggota dalam kartu keluarga dapat login dan mendaftarkan Sensus Penduduk Online ini. Sensus ini dapat dilakukan dengan membuka situs sensus.bps.go.id di browser ponsel, laptop, tablet atau perangkat lainnya yang terhubung dengan internet
  3. Lalu isi NIK dan Nomor KK dan klik cek keberadaan.
  4. Bagi yang pertama kali login, Anda dapat membuat password dan isi pertanyaan keamanan, serta isi jawabannya sebagai antisipasi jika Anda lupa password.
  5. Apabila Anda sudah login sebelumnya, Anda cukup mengisi password-nya saja.
  6. Saat berhasil login, halaman yang pertama muncul adalah pertanyaan mengenai alamat Anda saat ini.
  7. Anda dapat memilih provinsi, kota/kabupaten, kecamatan/desa, RT, RW, nama jalan dan nomor rumah sesuai dengan alamat saat ini.
  8. Isikan keterangan mengenai tempat tinggal keluarga, mulai dari status kepemilikan, listrik, air minum, kelengkapan tangki septik/septic tank, dan lantai terluas.
  9. Lalu isikan keterangan masing-masing individu anggota keluarga secara satu per satu, dimulai dari kepala keluarga, istri, dan anggota keluarga yang lain apabila ada.
  10. Jika kepala keluarga telah mengisi data informasi, dapat dilanjutkan untuk mengisi data informasi sang istri dan dilanjut dengan anak.
  11. Saat sudah selesai mengisi data informasi dapat mengklik kirim dan mengunduh bukti pengisian.

Jika Anda masih mengalami kesulitan, Berikut video tutorial “Cara Mengisi Sensus Penduduk Tahun 2020 Berbasis Online” menggunakan Smartphone.

Menggunakan Laptop / Komputer.

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-01340730/tutorial-cara-mengisi-sensus-penduduk-2020-online-simak-tahapan-tahapannya-sebelum-ditutup

Leave a Reply

Your email address will not be published.