Wagub Cok Ace Hadiri Pelantikan Pengurus PORPI Bali

2 min read

DENPASAR, SERBI BALI – Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) didampingi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Bali I Gusti Ngurah Wiryanata menghadiri Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Olahraga Pernapasan Indonesia (DPD PORPI) Provinsi Bali Bali masa bakti 2023-2027 di Istana Taman Jepun, Jalan Hayam Wuruk Denpasar, Sabtu (2/9/2023).

Dalam sambutan singkatnya, Wagub Cok Ace mengapresiasi pembentukan dan pelantikan pengurus DPD PORPI Bali setelah sebelumnya sempat vakum. Ia berharap, kepengurusan PORPI Bali yang baru dilantik gencar melakukan sosialisasi untuk lebih memasyarakatkan olahraga pernapasan. Menurut pengamatannya, olahraga pernapasan dewasa ini makin diminati oleh masyarakat karena banyaknya manfaat yang bisa diperoleh.

Wagub Cok Ace menyebut, olah napas bisa dikategorikan sebagai level tertinggi dalam upaya memelihara kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu, olahraga pernapasan ini bisa dilakukan oleh semua kelompok umur.

Masih dalam sambutannya, Wagub Cok Ace menyinggung soal pelantikan pengurus yang menurutnya merupakan rutinitas untuk memenuhi amanat AD/ART. Mengingat organisasi ini baru aktif kembali setelah sekian lama vakum, Guru Besar ISI Denpasar ini mengingatkan sejumlah hal yang perlu mendapat perhatian yaitu pendanaan, program kerja dan keorganisasian.

Terkait pendanaan, ia minta organisasi ini kreatif melakukan terobosan agar bisa menyiasati kemungkinan minimnya dukungan anggaran. “Sedangkan untuk program kerja, sesuaikan dengan situasi kekinian. Jangan buat program muluk-muluk, tapi tak bisa dieksekusi,” cetusnya.

Hal lainnya yang juga diingatkan Wagub Cok Ace adalah keorganisasian yang diharapkannya dapat mengadopsi kearifan lokal. “Sesuaikan dengan situasi di Bali, bidang apa yang sekiranya perlu ditambah dalam struktur,” sarannya.

Dewa Putu Sudarsana yang dipercaya menahkodai kepengurusan DPD PORPI Bali masa bakti 2023-2027 menyampaikan rasa syukur karena organisasi ini bisa diaktifkan kembali setelah sekian lama vakum. Ia melaporkan, olahraga pernapasan punya cukup banyak peminat, karena selain bermanfaat untuk kebugaran, juga terbukti mampu menurunkan ketergantungan pada obat.

“Di seluruh Indonesia, jumlah anggotanya telah mencapai 7 juta, sedangkan di Bali ada di kisaran ratusan ribu,” katanya sembari menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan Wagub Cok Ace. Secara khusus, ia juga memohon tuntunan dan bimbingan untuk mengembangkan PORPI Bali.

Pengukuhan Kepengurusan DPD PORPRI Bali masa bakti 2023-2027 dilakukan oleh Sekretaris Umum DPP PORPI Maryono Prawiro Sutarto yang disaksikan Wagub Cok Ace serta undangan lainnya.

Sekum PORPI Maryono Sutarto dalam sambutannya menceritakan sejarah pembentukan induk organisasi olahraga pernapasan ini. Berdiri sejak 42 tahun lalu, PORPI hadir untuk memenuhi kebutuhan kesehatan dan kebugaran masyarakat.

“Kami mengajak Pemprov Bali untuk membangun kolaborasi dalam mensosialisasikan olahraga pernapasan,” pungkasnya. (red)

Berita Lainnya

More From Author

+ There are no comments

Add yours