Bupati Badung Tebar 10.000 Ikan Nila Aliran Irigasi Subak Munggu

BADUNG, SERBIBALI.COM – Dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan populasi ikan, Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, menebar 10.000 benih ikan nila di aliran irigasi Subak Munggu, Lingkungan Banjar Sedahan, Desa Munggu, Kecamatan Mengwi, Sabtu (10/4). Kegiatan itu merupakan prakarsa dari Seka Teruna (ST) Tunjung Mekar, Banjar Sedahan yang memohon bantuan benih ikan kepada Dinas Perikanan Badung, untuk dipelihara di masa pandemi Covid-19 ini.

Bupati Giri Prasta didampingi Wakil Ketua DPRD Badung, I Made Sunarta, sangat mengapresiasi kegiatan ST Tunjung Mekar yang ikut peduli dengan kelestarian lingkungan. Dia menilai langkah itu patut dicontoh bagi generasi muda, lingkungan, banjar dan desa lainnya sehingga alam dan lingkungan tetap terjaga dengan baik.

’’Kami berikan apresiasi setulus-tulusnya kepada generasi millenial Banjar Sedahan. Dulu saya hadir di sini betul-betul kumuh, air sungai tidak dapat mengalir dengan baik. Bahkan ketika hujan sampai banjir ke pekarangan rumah warga. Namun hari ini saya lihat penataanya dan kebersihannya sudah luar biasa, bagus sekali,’’ kata Bupati disambut tepuk tangan para undangan.

Menurut Bupati, apa yang dilakukan seka teruna tersebut sebagai satu upaya merawat bumi. Bila bumi dirawat dan alam dicintai, astungkara apa yang menjadi sebuah keinginan dan kebutuhan itu akan dapat terwujud. ’’Kepercayaan saya, kita hidup bersama karena oksigen, dengan adanya oksigen apalagi bersih, niscaya kita akan sehat semua,’’ katanya.

Ke depan, Giri Prasta menyatakan Subak Munggu untuk pembangunan jalan usaha tani (JUT). Ini sudah menjadi komitmen yang harus dilakukan. Untuk mendukung kegiatan tersebut, Bupati menyerahkan bantuan secara pribadi Rp 10 juta.

Sementara Ketua ST Tunjung Mekar, I Putu Agus Widiana Putra, mengatakan tujuan kegiatan itu untuk meningkatkan populasi ikan, melestarikan lingkungan khususnya pada aliran sungai serta meningkatkan produksi ikan guna memenuhi gizi bagi masyarakat.

Dia menyampaikan terima kasih, terutama kepada Bupati Badung yang telah memberikan benih ikan nila 10.000 ekor. Ikan ini akan dipelihara dengan sistem kolam air deras di sungai sepanjang 200 meter. ’’Kami bersama anggota ST Tunjung Mekar akan memelihara ikan ini sebaik mungkin. Kami telah menyiapkan anggaran Rp 5 juta untuk membuat sekat/pembatas ikan di aliran sungai. Tentunya kami tidak henti-hentinya memohon dukungan kepada Bapak Bupati demi kelancaran kegiatan sekaa teruna baik itu kegiatan sosial, seni budaya maupun olahraga,’’ pintanya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Anggota DPRD Badung, I Wayan Edy Sanjaya, Kadis Perikanan I Nyoman Suardana, Camat Mengwi I Nyoman Suhartana, Perbekel Munggu I Ketut Darta, Ketua BPD I Rai Sidaparna, Bendesa Adat Munggu Made Rai Sujana, Ketua LPM, Karang Taruna dan kelian se-Desa Munggu. (mb/sb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.