Cari Sumber Air Baru, Bupati Tinjau Desa Manduang

KLUNGKUNG, SERBIBALI.COMDalam upaya menambah suplai air bersih yang akan dikelola dengan sisten Pamsimas, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meninjau lokasi sumber mata air baru yang di Desa Manduang, Klungkung, Minggu (13/12). Lokasi tersebut tepatnya di daerah perbatasan Manduang dan Akah yakni Dusun Hyang Api, Tirta Muncrat dan Tirta Suranadi.  

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyatakan dari semua tempat yang dikunjungi kemungkinan dapat menghasilkan total debit air kurang lebih 5 sampai 6 liter/detik. Apabila dihitung dengan jumlah penduduk di Desa Manduang yang berjumlah kurang lebih 500 KK, maka akan memerlukan debit 5 liter/detik untuk bisa dikelola dengan sistem Pamsimas.

Pada saat meninjau ke sumber mata air Tirta Suranadi, Bupati Suwirta menyambut baik inovasi perangkat desa setempat yang akan memanfaatkan mata air Tirta Suranadi menjadi kolam renang untuk mendukung Desa Wisata di Desa Manduang.

Terkait pembangunan kolam renang tersebut, Bupati Suwirta menugaskan Dinas PUPRPKP Pemkab Klungkung, PDAM, dan Perangkat Desa untuk berdiskusi dalam pemakaian debit mata air yang akan digunakan pada kolam renang dan untuk Pamsimas.

Menurut Suwirta, jangan sampai ketika  menggunakan debit air untuk Pamsimas, debit air menjadi berkurang dan akan memengaruhi keberadaan kolam renang yang digunakan sebagai pendukung Desa Wisata di Desa Manduang. “Pamsimas akan maksimal, apabila mata air dapat naik maksimal dan penggunaannya maksimal,” tambah Bupati Suwirta.

Selain itu, Bupati Suwirta juga meninjau lokasi mata air lainnya  Tirta Gumi Uwug, dimana di tempat tersebut digunakan sebagai tempat spiritual.

Seusai melakukan peninjauan di empat lokasi tersebut, Bupati Suwirta menyarankan agar dibuatkan jalur tracking menuju mata air, sehingga mata air tersebut dapat dimanfaatkan sebagai tempat melukat, dan digunakan untuk hal lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat Desa Manduang.

“Mata air di Desa Manduang layak dikelola untuk memenuhi kebutuhan masyarakat desa  dan dapat digunakan untuk menambah potensi Desa Wisata yang ada di Desa Manduang,” tambah Bupati Suwirta. Turut mendampingi dalam kegiatan tersebut, Direktur PDAM Klungkung I Nyoman Renin, Camat Klungkung I Ketut Arie Gunawan serta instansi terkait lainnya. 007

Leave a Reply

Your email address will not be published.