Gandeng KKS, PDDI Bali Bersinergi Dengan Pemprov Bali Gelar Donor Darah dan Plasma Konvalesen

DENPASAR,SERBIBALI.COM-Dengan menggandeng KKS (Komunitas Kasih Sayang), PD PDDI (Pengurus Daerah Perhimpunan Donor Darah Indonesia) Provinsi Bali dibawah kepemimpinan Ketut Pringgantara bersinergi dan bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Bali melalui Gubernur Bali, Dr.Ir. Wayan Koster, MM., melaksanakan kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen, bertempat di Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Denpasar pada Kamis (12/8/2021).

Ketua PD PDDI Bali Ketut Pringgantara mengungkapkan bahwa, kegiatan donor darah ini dilakukan untuk merayakan “Hari Jadi Provinsi Bali ke-63” yang jatuh pada tanggal 14 Agustus mendatang, sekaligus menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-76 sebagai kado istimewa persembahan kepada Negeri tercinta ini.

“Maka, item yang dilakukan pada hari ini adalah melaksanakan Donor Plasma Konvalesen Screening untuk dilaksanakan besok pagi, Jumat (13/8/2021) yang kemudian, Kita melaksanakan kegiatan donor darah biasa,” ungkap Ketut Pringgantara.

Turut hadir, Sekda (Sekretaris Daerah) Provinsi Bali, Drs. Dewa Made Indra, M.Si., yang sangat mengapresiasi kegiatan donor darah biasa dan donor darah konvalesen, serangkaian Hari Jadi Pemerintah Provinsi Bali ke-63 yang jatuh pada tanggal 14 Agustus mendatang dengan tagline “Tumbuh dan Bangkit dalam Tatanan Bali Era Baru, sesuai dengan Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru.

Pada kesempatan tersebut, KKS (Komunitas Kasih Sayang) yang diwakili Bapak Darmanto, secara simbolis menyerahkan Hand Sanilitizer kepada Sekda Provinsi Bali Drs. Dewa Made Indra,M.Si., disaksikan Ketua PD PDDI Bali Ketut Pringgantara beserta jajaran pengurusnya.

Direktur Pyramide Meditation, Direktur Suly Rejuvination Ubud sekaligus donatur KKS, Darmanto menjelaskan bahwa KKS
atau Komunitas Kasih Sayang sangat mendukung kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen, yang dilakukan PDDI Bali dibawah kepemimpinan Ketut Pringgantara yang menolong sesama dalam bidang kemanusiaan.

Darmanto memaparkan,”KKS adalah sekelompok 70% Lansia Care yang berasal dari Medan, Jakarta, Kalimantan, India, Singapore, Canada dan Australia yang ingin memotivasi sesama khususnya. Teman-teman yang berjiwa menolong melalui donor darah dan donor plasma konvalesen serta memimpin doa, untuk keselamatan, kesehatan, kedamaian, agar tetap semangat melewati masa kesulitan ini pada masa pandemi Covid-19″. Lebih lanjut, Darmanto berharap “Semoga semua berjalan dengan baik dan lancar, Tuhan Memberkati kebaikannya”.

Pada kesempatan berbahagia tersebut, Ketua PDDI Bali, Ketut Pringgantara mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya pada Pemerintah Provinsi Bali, yang melalui hasil keputusan rapat Sekda Provinsi Bali. Bahwa, pada hari ini, Kamis (12/8/2021). Melaksanakan kegiatan donor darah maraton, dimulai 12-15 Agustus 2021. Sebagai bentuk kepedulian sosial pada para penyintas TPK (Terapi Plasma Konvalesen), yang hari ini diambil Screening darahnya untuk besok, Jumat (13/8/2021).

“Kita hari ini melakukan kegiatan donor darah biasa yang sasaran utamanya adalah mengundang para ASN yang jumlahnya sekitar 7.000 orang, yang berada di lingkungan SKPD di seluruh Bali, yang tujuan utamanya untuk mengajak para ASN, agar peduli sosial pada musim pandemi Covid-19,” kata Ketut Pringgantara.

Kemudian, Ketut Pringgantara juga memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya pada RSUP Sanglah, yang secara rutin dan kontinyu, melakukan kegiatan donor plasma konvalesen bagi para penyintas Covid-19, yang secara langsung maupun tak langsung telah datang ke RSUP Sanglah. “Pada hari ini, Kita telah mencapai target, yang berjumlah 85 orang donor plasma konvalesen bahkan lebih yang terus bergulir serta terus menyemarakkan kegiatan donor plasma konvalesen,” ungkap Ketut Pringgantara.

Tidak kalah pentingnya, pihak PDDI Bali juga berkoordinasi dengan pihak UTD (Unit Transfusi Darah) Provinsi Bali untuk terus bekerjasama, tanpa putus, untuk mengajak masyarakat yang terpapar Covid-19, untuk terus melakukan kegiatan donor plasma konvalesen.

Dalam kegiatan donor darah ini, PDDI Bali didampingi oleh Direktur KKS (Komunitas Kasih Sayang), Darmanto, yang pihaknya merasa sangat bangga sekali, karena Bapak Darmanto datang ke Bali untuk memberikan support dan melihat secara langsung serta nyata, kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen yang dilakukan PDDI Bali. “Terima kasih Bapak Darmanto atas kehadirannya ke Bali yang memberikan support yang sangat besar bagi masyarakat Bali,” ujarnya.

Hadirnya KKS, Ketut Pringgantara, adalah kumpulan dari orangtua atau lansia yang tegak lurus teguh hatinya, membantu masyarakat Bali, utamanya meningkatkan perekonomian Bali dengan sumbangsih berupa beras. Disebutkan juga, Bapak Darmanto melalui KKS (Komunitas Kasih Sayang) datang ke Bali, juga memberikan “Goody Bag” sebagai sumbangsih yang besar sekali pada masyarakat Bali, utamanya pada para pendonor plasma konvalesen.

Diakhir kata, kepada masyarakat Bali Ketut Pringgantara, mengajaknya agar datang ke gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, untuk ikut berdonor darah yang selain memperingati Hari Jadi Provinsi Bali ke-63 dan juga untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-76.

“Kita tak boleh berpangku tangan pada musim pandemi Covid-19, akan tetapi, Kita harus bersatu padu dan berakselerasi untuk membangun tatanan masyarakat Bali yang semakin baik, setiap harinya,” tuturnya.

Selanjutnya, pihaknya menekankan, agar lebih menjaga alam semesta dengan penuh cinta kasih dan berdoa bersama-sama dengan menyatukan hati dan pikiran. “Selain melakukan donor darah, Kita berdoa bersama-sama agar pandemi ini segera berlalu dan ekonomi masyarakat Bali pulih kembali serta pariwisata Bali kembali berjalan dengan semestinya. Sekali lagi, Kami ucapkan terima kasih pada perwakilan KKS, Bapak Darmanto, yang telah datang ke Bali, untuk melihat langsung kegiatan donor darah, baik itu, plasma konvalesen maupun donor darah biasa. Sekali lagi, terima kasih,” tutupnya. ace/sb

Leave a Reply

Your email address will not be published.