GELONTORKAN RP 23 M UNTUK FREE WIFI, BUPATI BADUNG TERAPKAN SMARTCITY

BADUNG, SERBIBALI.COM – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta melakukan kunjungan ke Desa Adat Bindu, Desa Mekar Bhuana, Kecamatan Abiansemal berkenaan dengan pemanfaatan akses free Wifi Kabupaten Badung “Menuju Desa Adat Bindu Mandiri”. Dalam kunjungan tersebut Bupati Giri Prasta menyampaikan penerapan smart city dalam sebuah kabupaten ibaratnya sebuah kehidupan berkeluarga.

Dirinya memaparkan berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, 1 KK di Kabupaten Badung dalam sebulan bisa menghabiskan biaya Rp. 400 ribu hanya untuk kuota internet. Giri menggambarkan kalau jumlah KK yang ada dikalikan dengan biaya untuk membeli kuota tersebut, berarti dalam satu tahun masyarakat mengeluarkan biaya sekitar Rp 400 M untuk bisa mengakses internet.

“Sedangkan kita pemerintah daerah saja hanya mengeluarkan Rp. 23 M setahun untuk penyediaan akses free Wifi yang mengcover seluruh wilayah Kabupaten Badung dan itu pun sudah menggunakan jaringan fiber optik diatas 17 core. Untuk itulah kita ingin mendorong masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas yang sudah kita sediakan,” tegasnya.

“Jadi dengan kita membantu semua kebutuhan dasar masyarakat, mereka akan bisa fokus berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Kita kabupaten Badung sudah bicara pada tataran indeks kebahagiaan, sekaligus kita menyiapkan SDM dan infrastruktur untuk menyambut era 5.0 yang sudah didengungkan oleh Presiden Jokowi,” tuturnya.

Adapun yang sudah diterapkan oleh Desa Adat Bindu di antaranya pemanfaatan akses wifi untuk siswa belajar online yang merupakan penerapan smart society (learning / pendidikan), pemanfaatan akses wifi untuk pengembangan UMKM yang merupakan penerapan smart economy (industry), pemanfaatan akses wifi untuk pemantauan keamanan melalui CCTV yang merupakan penerapan smart society (security/keamanan) dan pengelolaan TPS 3R yang merupakan penerapan smart environment (waste / sampah).

SUMBER : https://news.detik.com/berita/d-5123363/gelontorkan-rp-23-m-untuk-free-wifi-bupati-badung-terapkan-smartcity

Leave a Reply

Your email address will not be published.