Ibu Hamil Disarankan Batasi Diri Berktivitas di Luar Ruangan

BANGLI, SERBIBALI.COM – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga atau TP PKK Provinsi Bali, Ny Putri Suastini Koster, mengingatkan potensi ibu hamil yang rentan terpapar gangguan penyakit, terlebih dalam suasana pandemi seperti saat ini.

Terkait hal tersebut, ia pun mengajak para ibu hamil untuk dapat menjaga diri dengan baik dengan disiplin dan penuh kesadaran. Selama mengandung, ada baiknya ibu hamil membatasi kegiatan di luar ruangan. Apalagi keluar untuk kegiatan yang tidak begitu mendesak.

“Daya tahan tubuh atau ibu hamil sangat rendah. Ibu-ibu saat hamil sangat rentan berbagai gangguan kesehatan, oleh karena itu harus dijaga dengan baik, terlebih ketika pandemi seperti saat ini, kalau memang tidak penting banget, sebaiknya dibatasi kegiatannya,” katanya saat melaksanakan kunjungan sosial ke Kabupaten Bangli serangkaian Hari Kesatuan Gerak PKK ke 49, Kamis (18/3).

Sementara itu, ketika ibu hamil yang bersangkutan memang diharuskan melakukan aktivitas di luar dirumah, ia sangat disarankan untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan, baik dengan menjaga jarak, jangan berkerumun, setiap habis mengambil sesuatu gunakan penyanitasi tangan atau rajin mencuci tangan, serta gunakan masker.

Lebih jauh, pihaknya juga mengingatkan agar ibu hamil dapat menjaga emosinya. Sebab, emosional sang ibu sangat berpeluang mempengaruhi tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

“Ibu-ibu hamil juga patut menjaga kondisi emosionalnya, jangan sampai marah – marah terus, atau bersedih, nanti bisa mempengaruhi janin dalam kandungan. Di samping juga kondisi emosi yang stabil untuk menjaga imun tubuh tetap kuat,” katanya. (bn/sb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.