ITB STIKOM Bali dan SMA Negeri Bali Mandara Sepakati Program Beasiswa dan Magang Keluar Negeri

3 min read

DENPASAR, SERBI BALI-Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali sudah menjalin kerjasama dengan SMA Negeri Bali Mandara Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, sejak tahun 2019.

“Kami jalin kerjasama dengan SMA Negeri Bali Mandara, karena pada saat itu, disana pendidikannya menyasar orang-orang yang kurang mampu dan orang berasrama, sehingga boleh dikatakan etitute atau etika dan karakternya, kita tidak usah mendidik lagi,” kata Direktur Pemasaran dan Humas ITB STIKOM Bali Dra. Ni Made Astiti, M.Mkom., saat diwawnacarai awak media di ITB STIKOM Bali Denpasar, Senin, 10 April 2023.

Astiti menyebutkan anak-anak didiknya diberikan bantuan dari STIKOM Bali dalam hal biaya pendidikan berupa beasiswa dan program magang dengan menyalurkan anak-anak tersebut keluar negeri. Bahkan, anak didik sudah disalurkan ke Jepang pada tahun 2018. “Anak-anak itu ada yang sudah balik dan ada yang masih tetap di Jepang. Untuk SMA Negeri Bali Mandara itu, angkatan pertama ada kurang lebih 6 orang,” ungkapnya.

Terkait bea siswa, Astiti menyebutkan beasiswanya di ITB STIKOM Bali itu, hanya ditanggung membayar biaya jas almamater dan biaya GMTI saja, yakni Ospek. Jika pendanaan misalnya kurang ada atau belum punya bisa nantinya difasilitasi oleh Bank Fajar,” paparnya.

Lanjutnya, setelah anak didik berangkat dan mendapatkan penghasilan dari Jepang, misalnya di Semester VII atau VIII barulah anak didik akan membayar biaya kuliah pada saat itu saja.”Itu ada per angkatan.
Beasiswa dari pertama sampai dengan saat ini, itu ada kurang lebih 25 orang hingga 30 orang. Sudah ada yang lulus dan biaya berangkat ke Jepang ditanggung oleh anak didik itu sendiri,” terangnya.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri Bali Mandara Kubutambahan Buleleng Ni Made Sri Narawati, S. Pd.,M.Pd., menyampaikan bentuk kerjasama SMA Negeri Bali Mandara dengan ITB STIKOM Bali itu berupa program beasiswa anak-anak untuk kuliah di ITB STIKOM Bali dan program magang keluar negeri. “Sejak 2019, anak-anak kuliah disini banyak mengambil S1 bidang Sistem Informasi,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Sri Narawati lebih memilih menjalin kerjasama dengan ITB STIKOM Bali, karena anak-anak didiknya sudah banyak yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke ITB STIKOM Bali. Bahkan, pihak ITB STIKOM Bali mendukung penuh dan mensupport anak-anak didiknya di SMA Negeri Bali Mandara, sehingga setiap tahunnya, pihaknya terus memperpanjang kerjasama dengan STIKOM Bali.

Hal tersebut, imbuhnya, karena anak-anak didiknya memiliki kompetensi di bidang digital, kemudian mereka bisa sambil bekerja sambil kuliah, sehingga mereka bisa menghasilkan uang sendiri sambil menjalani pendidikan di STIKOM Bali. “Karena efeknya sangat luar biasa terhadap anak-anak kami di sekolah. Ketika anak kami sudah bersekolah disini, kemudian diberikan support pendidikan dan program magang keluar negeri itu efeknya besar,” pungkasnya. (ace)

Berita Lainnya

More From Author

+ There are no comments

Add yours