Kanwil Kemenkum HAM Bali Ikuti Kegiatan Bhakti Sosial Kumham Peduli, Kumham Berbagi dan Empati Kumham

DENPASAR-SERBIBALI.COM – Kakanwil (Kepala Kantor Wilayah) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali, Jamaruli Manihuruk bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan, Suprapto dan Kepala Divisi Keimigrasian, Amrizal mengikuti Kegiatan Bhakti Sosial Kumham Peduli, Kumham Berbagi dan Empati Kumham bagi keluarga yang meninggal, karena Covid-19, bertempat di Ruang Dharmawangsa, Kanwil Kemenkumham Bali, pada Kamis (21/10/2021).

Dalam rangkaian Peringatan Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2021 secara virtual, pelaksanaan Kegiatan Bhakti Sosial terpusat di Selasar AHU dihadiri oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM, Prof. Edward Omar Syarief Hiariej, Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI, Komjen. Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K, M.H, Inspektur Jenderal, Ir. Razilu, M.Si, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi, Dr. Lucky Agung Binarto, S.H,.C.N,. M.H, Sekretaris Direktorat Jenderal Imigrasi, Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Kepala Biro/Kapusdatin, dan Perwakilan Penerima Bantuan Empat Kumham serta undangan lainnya, yang hadir secara virtual diantaranya, Pimpinan Tinggi Madya Unit Utama, Staf Ahli Menteri, Staf Khusus Menteri, Penasehat Kehormatan Menteri, Pimpinan Tinggi Pratama Unit Utama, Kepala RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet, para Kepala Kantor Wilayah, Kepala Divisi dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi, Dr. Lucky Agung Binarto.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi, Dr. Lucky Agung Binarto, dalam laporan pelaksanaan kegiatannya, menyampaikan, bahwa Kegiatan Kumham Peduli, Kumham Berbagi, sebelumnya telah dilaksanakan oleh Kemenkumham, dalam bentuk kegiatan pemberian sembako, guna membantu masyarakat terdampak covid-19, yang pada saat itu, masih sangat masif penyebarannya, sehingga saat ini kegiatan Kumham Peduli, Kumham Berbagi diwujudkan dalam bentuk kegiatan Donor Darah dan pembagian kelengkapan adaptasi kebiasaan baru berupa masker, handsanitizer dan perlengkapan makan.

Setelah itu, dilanjutkan dengan Penyerahan Bantuan Empati dan Paket Kelengkapan adaptasi kebiasaan baru yang diserahkan oleh Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia kepada Tenaga Kesehatan berupa Alat Pengaman Diri (APD) dan Beasiswa Pendidikan kepada Perwakilan Anggota Keluarga ASN yang meninggal dunia, yang kemudian pemberian empati dilaksanakan secara serentak, pada 7 Unit Kerja Pusat dan 19 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM.

Kabag Humas Kemenkum HAM Bali, I Putu Surya Dharma

Pada tempat yang terpisah, juga dilaksanakan penyerahan 1000 Paket New Normal Kit kepada Kepala Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet yang diberikan oleh Direktur Perawatan Kesehatan Rehabilitasi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan secara virtual. Dalam sambutannya, Kepala RS Darurat Wisma Atlet Mayjen TNI Budiman mengucapkan terima kasih atas empati dan kepedulian dari jajaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia kepada Relawan yang bekerja di RS Darurat Wisma Atlet. Kepedulian yang diberikan sangatlah berarti, dalam melaksanakan tugas, agar terhindar dari kemungkinan terinfeksi virus Covid-19.

Wakil Menteri Hukum dan HAM RI, Prof. Edward Omar Syarief Hiariej, dalam sambutannya, menyampaikan, Hari Dharma Karya Dhika merupakan hari lahir Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang diperingati setiap tanggal 30 Oktober tidak hanya sekedar perayaan saja, akan tetapi implementasi makna dari nilai dan arti kata Dharma Karya Dhika itu sendiri, harus dapat melekat dan terinternalisasi dengan baik kedalam diri setiap Insan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Penyelenggaraan Bhakti Sosial ini.

Di Tahun 2021, Beliau menghimbau kepada seluruh insan Kementerian Hukum dan HAM dimanapun berada, untuk tetap tenang dan waspada, mematuhi ketentuan-ketentuan yang ada dan disiplin dalam menjalankan Protokol Kesehatan dan mendukung kinerja aparat pemerintah dan relawan, dalam menangani pandemi Covid-19 ini.

Dengan kerjasama yang baik diantara seluruh jajaran, Beliau yakin pandemi Covid-19 ini dapat segera selesai dan seluruh kehidupan berbangsa dan bernegara akan kembali normal, seperti sediakala. Diakhir sambutannya, Beliau menghimbau kepada seluruh insan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk menyukseskan kegiatan ini, sehingga di hari Dharma Karya Dhika pada tahun ini, pihaknya dapat berbagi dan menyebarkan kebaikan kepada masyarakat.

Kakanwil (Kepala Kantor Wilayah) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali, dalam kegiatan tersebut menyerahkan Bantuan Beasiswa Pendidikan kepada Satu (1) Orang kepada perwakilan Keluarga yang meninggal karena covid-19 dengan jumlah nominal bantuan sebesar Rp. 8.850.000. Dalam kegiatan tersebut, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali juga memberikan sebanyak 100 Paket New Normal Kit berupa Paper Bag, Masker Kain, Masker Medis, Hand Sanitizer, dan alat makan yang dibagikan kepada 4 Perusahaan Daerah (PD) Pasar yang ada di wilayah Kota Denpasar yaitu, diantaranya PD Pasar Kreneng, Pasar Sanglah, Pasar Ketapian, dan Pasar Badung.

Selain membagikan Paket New Normal Kit, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali juga melaksanakan kegiatan Donor Darah yang dilaksanakan di Ruang Dharmawangsa yang berkerjasama dengan Palang Merah Indonesia Provinsi Bali dengan melibatkan beberapa Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali, diantaranya Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar, Balai Pemasyarakatan Kelas I Denpasar, Lapas Kelas IIA Kerobokan, Lapas Perempuan Kelas IIA Kerobokan, Rupbasan Kelas I Denpasar dan Bapas Kelas II Karangasem. ace/gpr

Leave a Reply

Your email address will not be published.