Kebun Raya Gianyar Segera Grand Opening

Dilakukan Secara Virtual

GIANYAR, Serbibali.com – Pemkab Gianyar akan melakukan grand opening Kebun Raya Gianyar (KRG) di Banjar Pilan, Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Gianyar, Sabtu (17/7) mendatang. Grand opening yang rencananya akan dilaksanakan secara virtual itu hanya akan dihadiri secara langsung di lokasi oleh Bupati dan sejumlah Kepala OPD  dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Sekdis Dinas Lingkungan Hidup I Wayan Sudiana, S.Sos. Senin (12/7) mengatakan, grand opening akan dilaksanakan oleh Bupati Gianyar I Made Mahayastra dengan  didampingi sejumlah kepala OPD Pemkab Gianyar dengan  ditandai penandatanganan prasasti.

Grand opening juga diikuti pejabat dari Lembaga Ilmu  Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang sudah sekarang dilebur menjadi  Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIM) secara virtual.

Dikatakan, grand opening  sudah direncanakan sejak lama. Tujuan pelaksanaan grand opening untuk pengembangan KRG di masa depan. Karena, grand opening menjadi syarat pemerintah pusat dan lembaga lain untuk membantu pengembangan KRG. “Dengan grand opening kami harapkan pengembangan KRG ke depan semakin cepat,” ujarnya.

Sementara untuk persiapan, Sudiana mengungkapkan, sudah siap. Sebelumnya kantor belum ada tapi kini sudah dibangun. “Sekarang sedang upacara pemlaspas kantor,” katanya.

Sedangkan persyaratan lain sesungguhnya sudah memenuhi syarat, baik jumlah tanaman insitu maupun tanaman eksitu sudah memenuhi syarat.

Sementara Plt Kepala UPT KRG I Wayan Sudiksa mengatakan, untuk persiapan grand opening pihaknya telah melakukan penataan areal kebun raya. Di samping itu telah melakukan pengayaan tanaman koleksi di kebun raya. “Untuk grand opening KRG memenuhi persyaratan,” ujarnya.

Dijelaskan, untuk pengembangan KRG sesungguhnya masih banyak yang perlu dibenahi. Terutama sarana dan prasarana, penataan dan pengayaan tanaman. “Secara bertahap  setelah grand opening kami akan terus lakukan pembenahan-pembenahan,” katanya.

Diharapkan, setelah grand opening ada bantuan anggaran dari pemerintah pusat atau lembaga lain untuk pengembangan KRG ke depan. mb/sb

Leave a Reply

Your email address will not be published.