KKS Gelontorkan Gody Bag Jumbo Rp.13,4 Juta Jalin Sinergitas Unud dan PDDI Bali Gelar Donor Darah dan Donor Plasma Konvalesen

DENPASR,SERBIBALI.COM-Perwakilan PDDI Bali, Dr.Ir. Gede Suarta, M.Si., didampingi Ketut Puriarta sangat mengapresiasi kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen, yang dilaksanakan Universitas Udayana, dalam rangka perayaan Dies Natalis ke-59.

Menariknya, selain bersinergi dengan pihak Universitas Udayana, PDDI (Perhimpunan Donor Darah Indonesia) Provinsi Bali juga menggandeng KKS (Komunitas Kasih Sayang), yang menggelontorkan Gody Bag Jumbo berisi beras senilai Rp.13,4 Juta, bertempat di Gedung Skill Lab Cakra Vidhya Usadha, Fakultas Kedokteran, Kampus Sudirman Denpasar.

“Kami PDDI Bali mensupport pelaksanaan donor darah dan donor darah plasma konvalesen yang digelar Unud, dalam rangka menyambut Dies Natalis ke-59. Bahkan, kami PDDI Bali tetap menggandeng KKS (Komunitas Kasih Sayang) dengan menyumbang Gody Bag Jumbo yang totalnya senilai 13,4 Juta Rupiah,” ungkap Gede Suarta didampingi Ketut Puriarta.

Lebih lanjut, Gede Suarta didampingi Ketut Puriarta memaparkan, selain PDDI Bali, acara donor darah dan donor plasma konvalesen ini, turut didukung pihak Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah, dan tim medis dari Mahasiswa. Selain itu, lanjutnya, kegiatan donor juga diikuti oleh sivitas akademika Unud, mulai dari dosen, pegawai hingga mahasiswa.

Turut hadir, Rektor Unud, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU, didampingi para Wakil Rektor dan Ketua Panitia Dies Natalis ke-59 Unud, yang saat itu, berkesempatan meninjau pelaksanaan donor darah dan donor plasma konvalesen.

Sementara itu, Ketua Panitia Dies Natalis Ke-59 Universitas Udayana, Dr. dr. I Putu Eka Widyadharma SpS (K) menjelaskan, kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen diikuti sebanyak 100 peserta yang terdiri dari 87 peserta donor darah dan 13 peserta donor plasma konvalesen.

Pihaknya juga mengungkapkan, Fakultas Kedokteran dipercaya untuk melaksanakan kegiatan ini, terutama donor darah plasma konvalesen dipilih, karena pada masa pandemi Covid-19 memiliki efektivitas membantu pengobatan pasien Covid-19. Diakuinya, ketersediaan plasma belum sebanding dengan jumlah pasien yang terdampak Covid-19.

“Jadi, kami hadir untuk membantu masyarakat. Untuk masyarakat yang belum berkesempatan ke sini, bisa langsung ke PMI atau RS Sanglah,” terangnya.

Disela-sela kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen, Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU., sangat mengapresiasi bagi para pendonor, untuk memberikan kesembuhan bagi penderita penyakit yang membutuhkan darah maupun masalah Covid-19, yang bisa menyambung kembali hidup mereka, sehingga mereka bisa berkumpul kembali bersama keluarganya.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU., menyampaikan, di tengah pandemi Covid-19, Dies Natalis Unud yang jatuh pada 29 September setiap tahun, tetap dilaksanakan berbagai kegiatan dengan menyesuaikan pada kondisi dan situasi. Selain pelaksanaan berbagai kegiatan akademik dan ilmiah, juga digelar kegiatan pengabdian dan kekeluargaan. Salah satunya, disebutkan donor darah dan donor plasma konvalesen.
Disebutkan, perayaan dies natalis tahun ini, lebih sederhana, karena situasinya belum memungkinkan.

Bahkan, Rektor Unud mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas sumbangsihnya, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Rektor Unud juga mengucapkan terima kasih kepada para pendonor yang telah mendonorkan darah maupun plasma konvalesen, yang ternyata, kegiatan ini, sangat membantu bagi kesembuhan pasien.ace

Leave a Reply

Your email address will not be published.