Yayasan Griya Gede Manik Uma Jati Pemogan Denpasar Kembali Buka Pendaftaran Matatah/Mapandes Massal

DENPASAR,SERBIBALI.COM-Yayasan Griya Gede Manik Uma Jati, Banjar Jabajati, Pemogan, Denpasar Selatan akhirnya kembali menggelar upacara Matatah atau Mapandes massal, yang direncanakan akan berlangsung 21-22 Mei 2022. Mengingat, setelah hampir dua tahun tidak melakukan aktivitas ritual, yang melibatkan massa akibat terjangan pandemi Covid-19.

Upacara yang termasuk Manusa Yadnya ini akan kembali dipuput oleh Ida Pandita Mpu Yogiswara dari Griya Gede Manik Uma Jati, Banjar Jabajati, Pemogan Denpasar Selatan.

Saat dikonfirmasi, pada Rabu (20/4/2022), Pemuput Karya, Ida Pandita Mpu Yogiswara mengatakan, pihak Griya Gede Manik Uma Jati, Pemogan Denpasar akan kembali menggelar upacara Mapandes atau Matatah, sebagai wujud pembayaran hutang orangtua ke anaknya, karena dinilai sudah bisa meredam dan menghilangkan Sad Ripu atau enam sifat buruk yang berada didalam diri manusia. Untuk itu, disebutnya, upacara Matatah/ Mapandes ini, bertujuan untuk mengurangi sifat buruk tersebut.

Dijelaskan, upacara yang tergolong Manusa Yadnya ini, disebut juga Potong Gigi, yang diperuntukkan bagi anak yang sudah beranjak dewasa.

“Adapun tujuan Masangih atau Mapandes yang dilakukan secara massal ini, untuk meringankan beban umat Hindu dalam berupacara, tanpa mengurangi makna dan tujuan yadnya,” terangnya.

Lanjutnya, rangkaian upacara Manusa Yadnya ini, akan dilaksanakan 21 Mei dan 22 Mei 2022 di Griya Gede Manik Uma Jati, Pemogan, Denpasar Selatan.

Menurut Pemuput Karya, Ida Pandita Mpu Yogiswara, rangkaian upacara manusa yadnya akan dimulai dengan acara ngeraja swala, ngeraja singa, medengen-dengen dan ngekeb, pada tanggal 21 Mei 2022.

Kemudian, imbuh Ida Pandita Mpu Yogiswara, pada 22 Mei 2022 akan
dilaksanakan muka lawang, wasuh cokor bapak dan ibu lan sungkem, merajah, munggah matatah, dilanjutkan dengan majaya-jaya, mewinten,
muspa, natab banten pregembal bebangkit.

Sementara itu, Panitia Karya menyebutkan, pendaftaran sudah bisa dimulai dari Senin, 18 April hingga 18 Mei 2022.

“Untuk info detail tentang Matatah/ Mapandes massal ini, bisa koordinasi dengan Ni Wayan Suksma Wati (085739548897), Komang Agus Gunawan (081805466927), Putu Agus Sudiantara, (08980715858) dan Lisa (08980715959),” pungkas Panitia Karya menginformasikan proses pendaftaran peserta Metatah/ Mapandes secara massal. ace

Leave a Reply

Your email address will not be published.