Sambut HDKD 2021, Kalapas Fikri Jaya Soebing Harapkan Generasi Muda Lanjutkan Jiwa Patriotisme Pahlawan Bangsa

TABANAN,SERBIBALI.COM-Dalam rangka memperingati HDKD (Hari Dharma Karya Dhika) 2021, Kalapas (Kepala Lembaga Pemasyarakatan) Kelas II A Kerobokan, Fikri Jaya Soebing, A.md.I.P.S.H.,M.H., turut serta melaksanakan upacara “Ziarah dan Tabur Bunga pada lingkungan Kanwil Kemenkum HAM (Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia) Provinsi Bali, bertempat di TMP (Taman Makam Pahlawan) Pancaka Tirta, Tabanan, pada Selasa (26/10/2021).

Kalapas Fikri Jaya Soebing mengatakan, upacara ziarah dan tabur bunga dilakukan serentak di lingkungan Kanwil (Kantor Wilayah) Kemenkum HAM se-Indonesia, termasuk Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kerobokan sebagai rangkaian kegiatan menyambut Hari Dharma Karya Dhika atau HDKD 2021, yang jatuh pada tanggal 30 Oktober mendatang.

Menurutnya, rangkaian kegiatan upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin langsung oleh Kakanwil (Kepala Kantor Wilayah) Kemenkum HAM Bali, Jamaruli Manihuruk dan peletakan karangan bunga di Tugu Peringatan serta terakhir, diisi upacara tabur bunga pada beberapa makam para pahlawan di Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta Tabanan.

Lebih lanjut, Kalapas Fikri Jaya Soebing menyebutkan, upacara “Ziarah dan Tabur Bunga” ini, bertujuan menghormati dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan merebut, membela dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Diakuinya, di TMP (Taman Makam Pahlawan) Pancaka Tirta Tabanan inilah makam putra putri terbaik yang gugur dalam membela Bangsa dan Negara tercinta,” tegas Kalapas Fikri Jaya Soebing.

Kalapas Fikri Jaya Soebing juga mengingatkan, agar generasi muda dapat melanjutkan cita-cita perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi Bangsa dan Negara tercinta.

“Dengan tagline Semakin Pasti (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, Inovatif), kami dari Lapas Kelas II Kerobokan yang termasuk jajaran Kemenkum HAM Bali menaruh hormat yang besar kepada para pahlawan yang telah gugur dalam peperangan membela Republik Indonesia, khususnya di wilayah Bali,” ungkap Kalapas Fikri Jaya Soebing.

Lanjutnya, kegiatan upacara ini, sebagai bukti pihaknya menghargai jasa-jasa para pahlawan Bangsa dan diharapkan, generasi penerus bangsa melanjutkan perjuangannya, melalui warisan jiwa patriotisme dan nilai-nilai kepahlawanannya.

Dijelaskan, kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kakanwil (Kepala Kantor Wilayah) Kemenkum HAM Bali, Jamaruli Manihuruk sekaligus bertindak sebagai Inspektur Upacara, didampingi Kepala Divisi Keimigrasian, Amrizal dan Humas, I Putu Surya Darma serta Kasi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai, Putu Suhendra.

Pada kesempatan tersebut, juga hadir Pejabat Administrasi Kanwil Kemenkum HAM Bali, Kepala UPT (Unit Pelaksana Teknis) se-Wilayah Denpasar dan Badung serta JFT/JFU di Lingkungan Kanwil Kemenkum HAM Bali.

“Kegiatan upacara “Ziarah dan Tabur Bunga” telah berjalan dengan lancar, tertib dan aman serta tetap menerapkan Protokol Kesehatan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kakanwil Jamaruli Manihuruk menambahkan, kegiatan upacara ini, dimaksudkan untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang sudah memberikan jasa terbaiknya, dalam menjaga keutuhan Bangsa dan Negara.

Pada akhir acara, Kakanwil Jamaruli Manihuruk berharap, moment yang luar biasa ini, dapat menumbuhkan kesadaran bagi seluruh jajarannya di Lingkungan Kanwil Kemenkum HAM Bali untuk dapat memberikan sumbangsih dan jasa terbaiknya, dalam membangun Negara menuju lebih baik, khususnya dalam Pembangunan Hukum.ace

Leave a Reply

Your email address will not be published.