Simbol Semangat Baru Era Digital, SMK TI Bali Global Meluncurkan Logo Baru

DENPASAR,SERBIBALI.COM-SMK TI (Teknologi Informasi) Bali Global meluncurkan logo baru sebagai simbol semangat baru era digital dengan tampilan istimewa dan memiliki filosofi makna tersendiri.

Dibawah naungan Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar, logo baru SMK TI Bali Global mengusung falsafah Tri Hita Karana dan perubahan logo dinilai sebagai upaya memelihara identitas dalam gambaran visi dan misi.

SERBIBALI/IST
Pengurus Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar bersama Rektor ITB STIKOM Bali, Dr. Dadang Hermawan saat peluncuran logo baru SMK TI Bali Global di Aula Kampus ITB STIKOM Bali, Jumat (21/1/2022).

Tidak itu saja, melalui rebranding logo SMK TI Bali Global menjadikan sebagai jaman kejayaan era digital saat ini.

Pelaksanaan launching logo baru SMK TI Bali Global di Auditorium kampus ITB STIKOM Bali, Renon, Denpasar, Jumat (21/1/2022).

Dalam sambutannya, Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti sekaligus induk SMK TI Bali Global Denpasar, Prof. Dr. I Made Bandem, MA., menyebutkan logo baru SMK TI Bali Global mengandung filosofi Tri Hita Karana dan trilogi pendidikan yang dikembangkan tokoh Ki Hajar Dewantara.

Dijelaskan, logo baru sekarang filosofinya tidak jauh berbeda dengan yang lampau, yang mengandung inti hakekat tataran filosofis, aspek estetika dan makna dari sebuah lambang baru.

Kemudian, Prof. Bandem memaparkan, logo baru yang diumumkan ini menjadi kendaraan menuju dunia internasional dan simbol kebangkitan semangat SMK TI Bali Global, meski sudah dua tahun telah terjadi pandemi Covid-19.

Lanjutnya, logo baru SMK TI Bali Global diwujudkan dalam bentuk Tri Angga yang terdiri dari kepala, badan dan kaki. Logo baru itu secara visual berupa nyala api, buku dan roda. Menurutnya, simbol-simbol tersebut sarat makna dan filosofis.

Dijelaskan, pada bagian kepala merupakan simbol dari nyala api dengan sentuhan warna merah. Nyala api melambangkan semangat.

Ditambahkan, logo baru SMK TI Bali Global didominasi bentuk kurva. Jika di breakdown, ungkap Prof.Bandem, kurva-kurva tersebut membentuk gambaran angsa, buku yang terbuka dan roda yang menjadi simbol teknologi.

Sementara itu, angsa melambangkan wahana atau kendaraan Dewi Saraswati atau Dewi ilmu pengetahuan. Dua buku yang terbuka melambangkan ilmu pengetahuan. Satu buku berwarna kuning berarti jaman kejayaan atau golden age dan biru berarti kesuburan.

SERBIBALI/IST
Filosofi Logo Baru SMK TI Bali Global

Sejumlah makna dan filosofi logo baru SMK TI Bali Global meliputi :

1. Obor, Cahaya, Pelita merupakan rancangan logo baru SMK TI Bali Global mengambil konsep bentuk obor, sebagai harapan sumber inspirasi, sumber inovasi dan semangat kehidupan.

  1. Bentuk Segitiga-Konsep Tiga/Tri, meliputi a. Spirit (Bentuk api); b. Education (Bentuk buku); dan c. Global Technology (Bentuk globe dan roda gerigi).
  2. Bendera Merah Putih sebagai bentuk kurva objek merah sebagai stilasi dari bentuk bendera Republik Indonesia.
  3. Angsa-Dewi Saraswati bentuk kurva spiral sebagai stilasi dari bentuk angsa, yang merupakan kendaraan suci Dewi Saraswati (Dewi Pengetahuan).
  4. Nyala/Api/Air/Sayap bentuk nyala. Api sebagai simbol semangat; Air simbol ketenangan; dan Sayap simbol mengantarkan harapan civitasnya menuju tujuan tertinggi dalam pendidikan.
  5. Buku Terbuka merupakan stilasi dari bentuk buku, sumber pengetahuan, wawasan yang terbuka akan kemajuan dan dinamika dunia pendidikan.
  6. Roda Gerigi/Gear merupakan stilasi dari bentuk roda Gerigi/Gear, simbol dinamika inovasi dalam bidang pendidikan yang menyesuaikan dengan kemajuan teknologi informasi.
  7. Bentuk segitiga-Konsep Tiga/Tri merupakan Konsep Tri Hita Karana sebagai 3 penyebab kesejahteraan bersumber pada keharmonisan hubungan antara: a. Manusia dengan Tuhan; b. manusia dengan alam lingkungannya; dan c. manusia dengan sesamanya.
  8. SMK TI Bali Global diharapkan mampu menumbuhkan nuansa keharmonisan tersebut, sehingga terciptanya proses pembelajaran berpusat pada peserta didik dan memaksimalkan potensinya, yang sesuai dengan konsep Tut Wuri Handayani.
  9. Huruf B dan G merupakan bentuk kurva objek spiral sebagai stilasi dari bentuk huruf B dan G mewakili “Bali Global”.
  10. Bola Dunia/Globe merupakan stilasi dari bentuk globe, harapannya civitas memiliki wawasan global dengan dukungan kecakapan digital yang tangguh.
  11. Glory Red merupakan simbol energi, semangat, kekuatan dan cinta dalam membangun budaya pendidikan berkarakter.
  12. Celtic Blue simbil stabilitas, kepercayaan, kecerdasan dan teknologi.
  13. Amber Gold simbol kejayaan, kemakmuran, pengembangan nilai-nilai luhur pendidikan

Soal proses pembuatan, Ketua Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar, I Made Marlowe Makaradhwaja Bandem menjelaskan, logo baru itu dibuat melalui sayembara yang pesertanya terdiri dari dosen dan mahasiswa ITB STIKOM Bali.

Disebutkan, desain yang terpilih, merupakan karya dari dosen ITB STIKOM Bali I Gede Harsemadi, ST MT dan mahasiswa dari ITB STIKOM Bali I Gusti Ayu Amalia Aryanti.

Dipaparkan, awalnya diseleksi 10 desain, kemudian mengerucut menjadi 3 desain, yang akhirnya satu desain yang digunakan menjadi logo baru SMK TI Bali Global.

Pada kesempatan tersebut, Rektor ITB STIKOM Bali Dr. Dadang Hermawan menerangkan, peluncuran logo baru SMK TI Bali Global sebelumnya membentuk tim sejak Agustus 2021, berbagai tugas dilakukan, termasuk mempromosikan era digital ke masyarakat.

“Kita ketahui bersama era digital ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari kita. Oleh karena itu, harapannya masyarakat dapat belajar IT lebih awal dan akhirnya dapat masuk ke SMK TI Bali Global. Selain itu, tim bertugas merubah logo lama yang sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi kekinian,” jelasnya.

Untuk itu, Dadang mencontohkan, beberapa waktu lalu ITB STIKOM Bali menerima kunjungan dari perwakilan Kejaksaan Negeri Badung, Bali yang membutuhkan sarjana-sarjana komputer lulusan ITB STIKOM Bali.

Pada saat itu, mereka menyatakan membuka pintu lebar-lebar bagi lulusan perguruan tinggi ini, bila nanti waktunya ada bukaan lowongan kerja di Kantor Kejaksaan Negeri Badung, yang membutuhkan sarjana-sarjana komputer lulusan ITB STIKOM Bali.

“Kondisi ini masih akan terjadi di masa-masa mendatang, sehingga masa depan kita adalah masa digital. Kita ambil sisi manfaat positif dengan mempermudah hidup di zaman IT ini dan kita terus bergerak maju sesuai dengan inovasi yang diusung logo baru SMK TI Bali Global,” pungkas Dadang Hermawan.

Dijelaskan, SMK TI Bali Global juga terbukti sudah mampu memberangkatkan magang ke luar negeri. Untuk menyelaraskan tenaga kerja baru, SMK TI Bali Global turut membangun kondisi sekolah yang lebih kondusif dan nyaman serta meningkatkan mutu pendidikan di SMK TI Bali Global. Selain itu, SMK TI Bali Global turut meningkatkan kemampuan tenaga guru dan pegawai administrasi lewat pelatihan keterampilan, dan lain-lainnya.

“SMK TI Bali Global melahirkan logo baru, kami terus berubah dan dinamis menjadi centre of excellence (Pusat kajian dan pelatihan ilmu dan kompetensi pada berbagai bidang baik bagi akademisi, praktisi pada bidangnya dan mahasiswa, red) khususnya di bidang TI,” terangnya.

Ditambahkan, ada 7 (tujuh) SMK TI Bali Global yang tersebar di beberapa kabupaten/kota di Bali, yang akan menggunakan logo baru. Kemudian, Dadang berharap, muncul semangat dan motivasi bagi para guru dan siswa-siswi, untuk belajar serta meningkatkan prestasinya.ace

Leave a Reply

Your email address will not be published.