Tayang Perdana Film Animasi “Panji Semirang” Garapan Siswa SMK TI Bali Global Denpasar

Gubernur Bali Dukung Produksi Industri Digital Berbasis Kearifan Lokal

DENPASAR,SERBIBALI.COM-Film animasi Memory of The World “Panji Semirang” garapan siswa SMK TI Bali Global Denpasar, akhirnya diputar perdana, bertempat di Gedung Ksirarnawa, Art Center Denpasar, pada Selasa (30/11/2021).

Sejumlah tamu undangan menyaksikan pemutaran film perdana tersebut. Bahkan, secara langsung dihadiri oleh Gubernur Bali, Dr.Ir. Wayan Koster, M.M., Wakil Gubernur Bali, Prof. Tjok. Oka Artha Ardhana Sukawati, Perwakilan UNESCO di Indonesia dan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Gubernur Bali, Dr.Ir. I Wayan Koster,M.M., sangat mendukung film animasi hasil produksi industri digital berbasis kearifan lokal, seperti Panji Semirang ini, yang kedepannya, harus dikembangkan menjadi sumber kehidupan ekonomi yang baru. Disebutkan, tidak hanya satu sektor saja, namun, teknologi untuk membangun perekonomian sebagai potensi yang harus digarap, untuk mengakomodasi perkembangan ilmu dan teknologi, agar terwujud Ekonomi Kerthi Bali, yang berarti Bali berdikari dalam bidang ekonomi yang betul-betul membuat Bali kuat, yang pada akhirnya memberi kesejahteraan bagi masyarakat Bali.

“Bali tidak harus tergantung pada satu sektor pariwisata saja. Struktur perekonomian Bali harus ditata ulang. Selain pariwisata, ada beberapa potensi yang bisa digarap, yang salah satunya memanfaatkan teknologi menjadi kekuatan untuk membangun perekonomian Bali,” tegasnya.

Sementara itu, Promotor Budaya Memory of The World “Panji Semirang”, Prof.Dr. Ing Wardiman Djojonegoro mengucapkan selamat ulang tahun untuk SMK TI Bali Global Denpasar bersama enam SMK lainnya yang tersebar di seluruh Bali. Bahkan, dirinya memuji langkah nyata dan konsisten yang dilakukan oleh SMK TI Bali Global yang telah melaksanakan apa yang telah dicetuskan tahun 1993, yaitu penerapan link and and macth, artinya keterkaitan antara dunia pendidikan dan dunia kerja dengan bidang ekonomi dan industri serta memilih bidang utamanya dalam bidang digital.

Disebutkan, masa depan dunia akan dikuasai oleh digital. Oleh karena itu, generasi muda harus siap dengan datangnya gelombang dunia digital ini. Ia juga memberikan catatan secara teknis, jangan hanya sebatas di sekolah, akan tetapi, apa yang diterima oleh siswa dan diajarkan oleh para guru itu, betul-betul nantinya bisa diterapkan secara nyata.

Lanjutnya, film animasi yang industrinya didominasi berasal dari luar negeri dan bisa dilihat di televisi menghasilkan uang, yang ternyata masih minim diproduksi hasil karya dalam negeri.

Alangkah baiknya, generasi muda bergandengan tangan dengan animator dunia, sehingga apa yang telah dihasilkan anak bangsa langsung bisa diterima oleh dunia luar.

Dijelaskan, Panji Semirang adalah salah satu cerita yang tua, sejak tahun 1300-an yang disebut seri Panji. Bahkan, pada tahun 19, naskah-naskah Panji ini diajukan ke UNESCO untuk diakui dan akhirnya diterima sebagai warisan dunia. Tidak saja naskah yang ada di Perpustakaan Nasional, akan tetapi, naskah Panji juga tersebar internasional di Malaysia, Kamboja, Inggris dan Belanda. Disebutkan, panji bukan saja tentang naskah, juga termasuk pagelaran, tari topeng, theater, wayang dan 20 candi di Jawa Timur dengan banyak pahatan-pahatannya mengenai panji. Menurut catatan, panji itu disebutkan satu-satunya sastra dan budaya Indonesia yang menyeberang tidak saja di Nusantara, namun, menyeberang ke Malaysia, Kamboja, Thailand dan Asia Tenggara lainnya. Melalui Panji Semirang tidak hanya dikenal secara nasional, tetapi, juga diharapkan dikenal internasional.

Pada kesempatan tersebut, dalam sambutannya, Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar, Prof. Dr. I Made Bandem, MA., memaparkan, peringatan HUT mengambil tema “Industri Digital Sebagai Pilar Ekonomi Kerthi Bali” ini, bermakna bahwa SMK TI Bali Global Denpasar ikut mendukung perkembangan industri digital khususnya di Bali, sebagai salah satu pilar ekonomi masa mendatang. Selain itu, juga diharapkan mampu mencetak lulusan yang unggul dalam kompetensinya, tetapi tetap kuat dengan budaya, yang merupakan warisan adi luhur Nusantara.

Lanjut Prof. Bandem, film animasi yang digarap oleh siswanya ini menurut Bandem, menjadi bukti nyata dukungan SMK TI Bali Global Denpasar terhadap budaya Nusantara yang telah diakui dunia menjadi Warisan Tak Benda Indonesia. Disebutkan, Cerita Panji ditetapkan oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai Ingatan Dunia atau Memory of the World (MoW).

Rektor ITB STIKOM Bali, Dr. Dadang Hermawan mengatakan, peredaran dana untuk industri animasi sebesar 270 Miliar Dolar Amerika atau Rp 4.000 triliun. Animasi bisa dikembangkan lebih baik dengan berkolaborasi bersama kearifan daerah.

Dijelaskan Dadang, film animasi ini dibuat oleh 12 orang siswa selama 8 bulan, diawasi kepala sekolah dan yayasan. Terlebih, peluncuran film animasi ini dilakukan, serangkaian HUT dari 7 SMK TI Bali Gobal yang tersebar di seluruh Bali, sekaligus memeriahkan HUT ke-15 SMK TI Global Denpasar yang jatuh pada 10 November 2021.

Kemudian, dilakukan penandatanganan prasasti Tayang Perdana Film Animasi Memory of The World “Panji Semirang” serta Peresmian Studio Animasi dan Podcast SMK TI Bali Global Denpasar oleh Gubernur Bali, yang dilanjutkan dengan penyerahan Film Animasi Memory of The World “Panji Semirang” kepada Promotor Budaya Panji serta perwakilan Dirjen Kebudayaan Kemdikbud Ristek dan UNESCO di Indonesia.

Usai menyaksikan pemutaran film animasi “Panji Semirang”, saat dikonfirmasi, mantan Mendikbud (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) RI periode1993-1998, Prof.Dr. Ing Wardiman Djojonegoro melempar pujian atas garapan siswa SMK TI Bali Global Denpasar, yang dinilainya sebagai hasil karya sangat luar biasa dan bisa digunakan oleh pelaku-pelaku ekonomi. Bahkan, pihaknya menyebut animasi tidak hanya digunakan sebagai film, namun, juga bisa dipakai untuk advertiser atau iklan.

“Karya anak SMK ini, sangat luar biasa. Suatu cerita budaya lama dijadikan tayangan bergerak, yang namanya animasi. Meski begitu, secara teknis, sempurnakanlah apa yang telah diperbuat dengan melakukan perbaikan-perbaikan, agar edisi kedua jauh lebih bagus. Tetapi, ini sudah bagus sekali, sangat luar biasa,” pungkasnya. ace

Leave a Reply

Your email address will not be published.