Belum Rancang PTM

Prof. dr. Dewa Putu Widjana

Denpasar, Serbibali.com– REKTOR Universitas Warmadewa (Unwar), Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E, Sp.PARK, menyatakan pihaknya secara umum belum memiliki rencana untuk menggelar pemberlajaran tatap muka (PTM). Hal ini mengingat kondisi yang masih belum menentu akibat pandemi Covid-19.
Meski demikian, orang nomor satu di Unwar ini menyatakan pihaknya sangat siap memberikan layanan pembelajaran yang prima pada para mahasiswa. “Secara umum kami belum ada rancangan pembelajaran tatap muka, kecuali untuk beberapa proses belajar-mengajar yang memang harus offline, misalnya kelas praktik. Namun, tetap dengan catatan tetap menjalan protokol kesehatan, sehingga kami saat ini memang kurangi kapasitas, tidak seperti pada saat normal,” katanya beberapa waktu lalu di Denpasar.
Sebagai langkah memaksimalkan proses belajar-mengajar, pihaknya mangatakan bahwa pada Semester Genap 2020/2021 seluruh mahasiswa telah diberikan subsidi kuota internet sebesar Rp 200 ribu per mahasiswa. Selain itu, sebagai bentuk empati pada mahasiswa, pihaknya juga membebaskan denda keterlambatan pembayaran SPP dan SKS.
“Jadi, (ketika ada keterklambatan pembayaran, red) mahasiswa sudah bisa mengikuti pembelajaran dari awal semester melalui program pra-SKS,” katanya.
Dari segi daya dukung sistem informasi, pihaknya meyakinkan setiap mahasiswa mendapat layanan seperti pada program offline. Sebab, semua pembelajaran telah dimonitoring oleh sistem yang akan memberi laporan harian.
Selain itu, sebagai bentuk kesiapan pihaknya menyongsong kekebalan komunal, program vaksinasi telah dijalankan sekitar 75 persen bagi mahasiswa dan telah 100 persen bagi para dosen dan pegawai. “Kebetulan sejak pandemi Covid-19 menyebar Unwar dipercaya untuk mengembangkan laboratorium Biologi Molekuler untuk pengujian PCR, dan kemudian dibeirkan hak melakukan vaksinasi,” imbuhnya berharap kondisi segera pulih kembali. (mb/sb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.