Desa Sembung Gede Terapkan Sistem Door to Door Penuhi Target Vaksinasi

2 min read

Tabanan, SERBI BALI-Untuk mendukung program pemerintah memenuhi capaian target minimal 30 persen di Kabupaten Tabanan, khususnya di Desa Sembung Gede menerapkan sistem door to door dengan turun langsung ke rumah-rumah warga desa berjumlah 10 banjar dengan memberikan edukasi akan pentingnya Vaksinasi Booster bagi kesehatan. Hasilnya, capaian target Vaksinasi Booster terpenuhi 100 persen.

Demikian diungkapkan Perbekel Sembung Gede, I Nengah Surajaya, saat dikonfirmasi pada Kamis (17/3/2022).

Kemudian, Perbekel Sembung Gede, I Nengah Surajaya menambahkan, pentingnya Vaksinasi Booster demi menciptakan Herd Immunity di Kabupaten Tabanan.

Khususnya di Desa Sembung Gede, pihaknya menerapkan sistem door to door, saat warga 10 banjar diberikan edukasi akan pentingnya melakukan Vaksinasi Booster. Akibatnya, Warga Desa Sembung Gede rela meluangkan waktunya mengikuti Vaksinasi Booster, sehingga capaian target mencapai 100 persen.

“Kami selaku Perbekel Sembung Gede bersama Kawil turun ke rumah-rumah warga dan yang terpenting memberikan pengarahan kepada warga akan pentingnya Vaksinasi Booster. Warga ternyata antusias mengikuti program Vaksinasi,” jelas Perbekel Sembung Gede, I Nengah Surajaya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolsek Kerambitan, Kompol Bambang Gede Arta menyampaikan, capaian target 100 persen bisa terpenuhi, karena didukung oleh kesadaran warga desa Sembung Gede yang sangat tinggi. Selain itu, pelaksanaan Vaksinasi Booster juga digencarkan TNI-Polri yang berada di garda terdepan dalam penanganan pandemi Covid-19. Hal tersebut berimbas dengan dipadatinya tempat pelaksanaan Vaksinasi Booster.

“Vaksinasi Booster ditargetkan sasaran 500 orang. Untuk wilayah hukum di Kerambitan, lokasi Vaksinasi Booster di Kerambitan dilakukan ada di SD Negeri 1 Sembung Gede dan ada di dua puskesmas. Semua lokasi membludak didatangi warga desa, karena kesadaran warga desa akan pentingnya melakukan Vaksinasi Booster. Pihaknya terjun bersama unsur Mustika Tabanan bekerjasama dengan pihak desa, untuk mengerahkan massa melalui Kaling masing-masing,” papar Kapolsek Kerambitan, Kompol Bambang Gede Arta.

Sementara itu, Danramil Kerambitan, Kapten Kav. Haryanto menjelaskan, percepatan Vaksinasi Booster dilakukan berkat sinergitas TNI-Polri bersama unsur pemerintah dan berkoordinasi dengan Perbekel dan Camat Kerambitan serta dibantu oleh Babinsa dan Babinkamtibmas untuk mengarahkan masyarakat yang memang telah waktunya melaksanakan Vaksinasi Booster.

“Jika dulu program Vaksinasi Booster dilakukan 6 (enam) bulan setelah Vaksin dosis kedua. Sekarang sudah berubah pelaksanaan Vaksinasi Booster bisa dilakukan 3 (tiga) bulan setelah Vaksin kedua,” terang Danramil Kerambitan, Kapten Kav. Haryanto.

Disebutkan, Vaksinasi Booster digencarkan untuk mempersiapkan transisi pandemi Covid-19 menjadi status endemi. Untuk itu, Vaksinasi Booster dilakukan menyasar masyarakat umum dan lansia yang telah memenuhi syarat, 3 (tiga) bulan menerima vaksin kedua.

“Meski saat ini, angka perkembangan kasus Covid-19 telah menurun, namun, warga desa tetap dihimbau untuk mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

Berita Lainnya

More From Author

+ There are no comments

Add yours