Lubéng, Prodi SAPBB STAH N Mpu Kuturan Juara 1 Nasional

SINGARAJA, Serbibali.com – Mahasiswa Program Studi Sastra Agama dan Pendidikan Bahasa Bali STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja berhasil meraih Juara 1 pada Lomba Pagelaran Tari Nusantara Tingkat Nasional. Lomba ini merupakan salah satu dari kegiatan lomba yang dilaksanakan pada serangkaian acara Sarasehan Nusantara Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Daerah se-Indonesia (IMBASADI) VIII yang mengangkat tema “Tragedi Budaya Lokal dari Sudut Pandang Forensik: Dahulu dan Sekarang”.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan produk kebudayaan Nusantara, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya melestarikan budaya daerah,” kata Nehemia Anugerah Parisan, Ketua Panitia Sarasehan Imbasadi VIII.

Delagasi STAH N Mpu Kuturan Simgaraja, mengangkat kain khas daerah Tenganan Penggringsingan, Karangasem yaitu Kain Tenun Gringsing, dengan motif yang terkenal yaitu Lubéng.

“Lubeng saat dipentaskan berhasil mencuri hati khalayak yang menyaksikan dalam zoom meeting maupun live streaming YouTube,” kata Made Ariyana selaku Ketua HMPS SAPBB.

Menurut Tim Pembina Pagelaran Tari Nusantara yang terdiri atas I Nengah Juliawan, M.Pd., I Wayan Juliana, S.S., M.Hum., Made Reland Udayana Tangkas, S.S., M.Hum.,  Lubéng menceritakan empat gadis desa yang sedang menari menggunakan kain Gringsing. Salah satu dari mereka kemudian menunjukkan hasil dari kain Gringsing, ada juga yang sedang dalam proses pembuatan kain Gringsing. Setelah itu, diceritakan pula tradisi Mekare-kare atau perang pandan sebagai tradisi utama dan pengobatan menggunakan kunyit guna mempercepat proses penyembuhan luka akibat goresan pandan.

“Konsep disiapkan guna melahirkan karya yang terbaik. Proses pembelajaran dan pengalaman mahasiswa yang begitu gigih menjadi semangat dalam setiap latihan,” kata I Nengah Juliawan, M.Pd.

Rasa terharu sekaligus bangga juga dirasakan oleh delegasi yang mewakili lomba pagelaran tari Nusantara. Komang Karunia Sasmita Parasari, perwakilan peserta mengutarakan juara sesungguhnya adalah hadiah dari proses itu sendiri. Tim berusaha memberikan yang terbaik, guna mengharumkan nama STAH N Mpu Kuturan Singaraja. rls

Leave a Reply

Your email address will not be published.