Menjaga Originalitas Kerajinan Bali

Denpasar, Serbibali.com – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali Ny. Putri Koster mewanti-wanti perajin untuk tetap mempertahankan warisan leluhur dalam setiap produk. Pihaknya mendorong kreativitas dan inovasi seluas-luasnya, namun jangan sampai menghilangkan identitas budaya Bali dalam kerajinan Bali.

“Berkreasi serta berinovasi sangat diperlukan, namun tidak boleh mengabaikan kualitas dan warisan leluhur. Sebab, pelan namun pasti kerajinan khas Bali mulai ketinggalan identitasnya,” katanya saat memberikan pengarahan UKM/IKM peserta Pameran IKM Bali Bangkit Tahap II di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Bali, Denpasar, Selasa (20/4/2021).

Ia mengatakan, selama ini hasil karya para perajin Bali telah dipandang sebagai yang tebaik. “Baik kain tenun, perak, ukiran batu, hingga kayu mempunyai ciri khas tersendiri dan kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Jangan tinggalkan itu dengan menjual produk tiruan,” katanya.

Dalam kegiatan yang diikuti sekitar 90 orang peserta itu, ia mengajak para perajin yang terpilih mengikuti Pameran Bali Bangkit Tahap II dapat mengikuti aturan yang telah ditetapkan Dekranasda. Langkah-langkah tersebut diharap dapat tetap menonjolkan kualitas kerajinan Bali.

Dalam hal originalitas karya, ia mencontohkan kain songket dan telah mendunia. Berbekal prestasi yang didapat kain songket, ia memandang tidak perlu menjual kain songket bordir yang berkualitas rendah.

“Itu seperti mencederai warisan leluhur kita. Jadi saya mengajak para perajin jangan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menikmati produk seperti itu,” katanya.(bn/sb)

Leave a Reply

Your email address will not be published.