Mulai Besok, Listrik di Nusa Penida Padam 3 Jam

KLUNGKUNG, SERBIBALI.COM – PT PLN UID Bali akan melakukan pemadaman listrik di wilayah Kecamatan Nusa Penida pada Selasa (3/8) selama tiga jam, yakni mulai pukul 01.00-04.00 Wita. Pemadaman listrik ini dilakukan saat pekerjaan pemeliharaan pembangkit Indonesia Power (IP) diberlakukan, tepatnya kubikel pada pembangkit.

Manager PLN UP3 Bali Timur, Andre Pratama Djatmiko menjelaskan pemeliharaan ini dilaksanakan untuk meningkatkan performa mesin pembangkit agar dapat beroperasi secara maksimal. Sebab pada 7 Juni lalu telah terjadi gangguan terhadap salah satu dari tujuh Machine Diesel Unit (MDU) yang ada.

Bila tidak segera dilakukan pemeliharaan, dikhawatirkan terjadi gangguan yang lebih berat. “Apabila pekerjaan pemeliharaan ditunda terjadi kelembaban pada busbar panel MDU kompartment sisi atas yang dapat menimbulkan short shircuit. Untuk mendukung pekerjaan ini, pekerjaan harus dilaksanakan dalam keadaan offline,” jelasnya.

Pemeliharaan dilakukan pada pukul 01.00-04.00 Wita lantaran pada jam tersebut merupakan beban terendah harian, yakni sebesar 3,3 MW. Sementara beban puncak sendiri sekitar 4,9 MW. “Kami meminimalisir ketidaknyamanan yang akan dirasakan oleh pelanggan akibat pemeliharaan yang akan dilakukan. Namun kami berupaya agar durasi pemeliharaan dapat diperpendek dengan mengoptimalkan waktu pekerjaan,” katanya.

Diungkapkannya, ada sebanyak 19.200 pelanggan di Kecamatan Nusa Penida termasuk RS Gema Santi dan 3 Puskesmas. Untuk itu pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak RS Gema Santi pada utamanya. Dari hasil koordinasi itu, menurutnya pihak RS Gema Santi sudah siap menanggulangi pemadaman listrik itu dengan genset daya 200 KW.

“Untuk 3 Puskesmas yang ada di Nusa Penida, kami akan pastikan apakah berjalan 24 jam atau tidak. Jika berjalan 24 jam, kami pastikan memiliki genset atau tidak. Kalau tidak, akan kami suplai dari genset PLN hari ini,” ujarnya.

Pihaknya pun memohon dukungan dari seluruh pihak untuk memaklumi dan mendoakan agar pelaksanaan pekerjaan ini dapat terlaksana dengan lancar. “Kami juga memohon maaf atas ketidaknyamanan seluruh pelanggan di Nusa Penida selama pekerjaan berlangsung,” pungkasnya. mb/sb

Leave a Reply

Your email address will not be published.