Sambut HUT ke-1, PAKIS Bali Bersinergi Bersama PDDI Bali Gelar Donor Darah

DENPASAR,SERBIBALI.COM-Menyambut HUT (Hari Ulang Tahun) pertama atau perdananya, Pasikian Paiketan Krama Istri Desa Adat MDA Provinsi Bali atau PAKIS Bali bersinergi dengan PDDI (Perhimpunan Donor Darah Indonesia) melaksanakan kegiatan donor darah, bertempat di Wantilan Gedung Pers K.Nadha, Denpasar, pada Senin (13/9/2021).

Pada kesempatan berbahagia tersebut, PAKIS Bali menggelar aksi donor darah bersama Pasikian Pecalang Bali dan Pasikian Yowana Bali. Acara ini menerapkan Protokol Kesehatan 3 M, yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak.

Selain didukung PMI (Palang Merah Indonesia) Bali, kegiatan donor darah juga diikuti oleh puluhan pendonor yang sudah mendaftar lewat online atau datang langsung ke lokasi.

Ketua PD PDDI (Pengurus Daerah Perhimpunan Donor Darah Indonesia) Provinsi Bali, Ketut Pringgantara menyampaikan terima kasih atas kegiatan donor darah yang dilakukan PAKIS Bali. Menurutnya, kegiatan donor darah sangat membantu PDDI Bali dan juga PMI Bali, dalam mengumpulkan stok darah, yang idealnya diperlukan 160 kantong darah, setiap harinya.

“Kebutuhan darah meningkat. Idealnya, kami mengumpulkan 160 kantong darah setiap harinya. Tetapi, di sisi lainnya, banyak yang takut mengunjungi fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit, sehingga kegiatan donor darah menjadi terkendala,” ungkap Ketut Pringgantara.

Lebih lanjut, pihaknya mengapresiasi rasa kepedulian masyarakat yang telah menyumbangkan setetes darahnya, yang tentunya, sangat bermanfaat bagi mereka yang sangat membutuhkannya.

Pada kesempatan tersebut, Manggala PAKIS Bali, Tjok Istri Agung (TIA) Kusuma Wardhani
menyatakan rasa syukurnya atas kegiatan kemanusiaan yang dilakukan PAKIS Bali bersama Pasikian Yowana dan Pasikian Pecalang Bali, menyambut momentum satu tahun keberadaannya.

Saat turut serta meninjau langsung pelaksanaan donor darah, TIA Kusuma Wardhani mengucapkan terima kasih atas partisipasi para pendonor, karena, melalui kegiatan donor darah, pihaknya turut serta memberikan sumbangsih dalam bidang kesehatan. Mengingat situasi pandemi seperti saat ini, banyak orang yang membutuhkan darah, namun, banyak diketahui, kesulitan dalam memperolehnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas PMA (Pemajuan Masyarakat Adat) Provinsi Bali, I Gusti Agung Ketut Kartika Jaya Seputra, SH.MH., sangat mengapresiasi kegiatan kemanusiaan yang digagas PAKIS Bali bersama Pasikian Yowana Bali dan Pasikian Pecalang Bali serta berkolaborasi dengan PDDI (Perhimpunan Donor Darah Indonesia) Bali dibawah kepemimpinan Ketut Pringgantara dan PMI Bali. Pihaknya menyambut baik kegiatan donor darah sebagai akai kemanusiaan yang mulia. Diakuinya, setetes darah yang disumbangkan sangat dirasakan manfaatnya bagi mereka yang membutuhkan. Pihaknya juga berharap, kegiatan semacam ini, dapat terus berlanjut dilakukan oleh PAKIS Bali dan juga organisasi lainnya, dalam membantu pemerintah, dalam program peningkatan derajat kesehatan.

Kegiatan donor darah juga mendapat apresiasi Baga Kreativitas dan Perekonomian Pasikian Yowana Bali, Made Rian Dwi Ananda, ST., yang menyebutkan semangat kaum perempuan yang tergabung dalam wadah PAKIS Bali patut diteladani oleh generasi muda.

Sebagai bentuk apresiasi, PAKIS Bali menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pendonor darah dengan memberikan bingkisan berupa paket sembako atas partisipasinya dalam aksi kemanusiaan tersebut.ace

Leave a Reply

Your email address will not be published.