Sambut HUT ke-818 Bangli, Ribuan Benih Ikan Ditebar di Sungai Sangsang

Bangli,SERBIBALI- Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangli lakukan penebaran benih ikan di aliran Tukad Sangsang, Banjar Kawan, Kelurahan Kawan Bangli, Kamis (5/5/2022). Kegiatan ini masih dalam rangkaian HUT ke-818 Kabupaten Bangli 10 Mei mendatang.

Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangli Made Alit Parwata menyampaikan kegiatan penebaran ikan atau “restocking” ini dilaksanakan dalam rangka pelestarian perikanan serta untuk memulihkan populasi ikan di perairan Sungai Sangsang.

“Adapun jumlah ikan yang ditebar di perairan umum Sungai Sangsang hari ini berjumlah sebanyak 30.000 ekor ikan nila yang diperoleh dari hasil produksi benih UPTD Balai Benih Ikan Sidembunut. ” ujarnya.

Lebih jauh lagi ia mengatakan langkah yang telah diambil oleh Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangli dalam rangka pelestarian budidaya ikan adalah melakukan sosialisasi budidaya ikan yang ramah lingkungan serta menghimbau penggunaan bahan/alat tangkap ikan yang ramah lingkungan serta mengaktifkan kelompok pengawas masyarakat (Pokmaswas) di masing – masing kecamatan, sehingga peran serta masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan terutama lingkungan perairan baik budidaya dan tangkap ikan semakin nyata.

Di lain pihak, Staf Ahli Bupati Wayan Sarma yang dalam kesempatan tersebut mewakili Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan Pemerintah Kabupaten Bangli memiliki perhatian yang sangat besar dalam rangka pelestarian lingkungan, salah satu pelestarian lingkungan sumber daya genetik yang dilakukan adalah dengan melaksanakan penebaran benih ikan (restocking) di perairan umum yang ada di seluruh wilayah di Kabupaten Bangli seperti danau, sungai dan di area perairan sawah. Pihaknya juga menyampaikan setiap tahunnya Pemerintah Kabupaten Bangli melaksanakan penebaran benih ikan rata- rata 300.000 ekor ikan per tahun.

“Dengan dilaksanakan restocking ini kami berharap kelestarian ikan di perairan umum di Kabupaten Bangli dapat terjaga dalam rangka pemenuhan kebutuhan konsumsi masyarakat,” kata dia.

Pihaknya juga menghimbau seluruh lapisan masyarakat agar bersama-sama dengan pemerintah menjaga kelestarian lingkungan khususnya menjaga kelestarian ikan di perairan umum, dengan cara melakukan penangkapan ikan dengan bahan/alat yang ramah lingkungan dan jangan menggunakan zat kimia seperti portas dan zat kimia lainnya, sehingga kelestarian ikan selalu terjaga. abd/sb

Leave a Reply

Your email address will not be published.