Sukses di Karangasem, Jago PDIP Rontok di Jembrana

Hasil Sementara Pilkada Serentak 2020

Denpasar, SERBIBALI.COM – Pilkada serentak 2020, nyaris menjadi ajang pembuktian PDI Perjuangan sebagai partainya semeton Bali. Hasil sementara yang diperoleh dari Pilkada serentak Rabu (9/12) kemarin, Partai banteng gemuk dalam lingkaran tersebut, sukses merebut Bupati/wakil Bupati Karangasem setelah pasangan I Gede Dana-I Wayan Artha Dipa berhasil mengungguli pasangan incumbent I Gusti Ayu Mas Sumatri- I Made Sukarena dengan perolehan yang cukup meyakinkan 59.7 persen berbanding 40.3 persen.

Dengan hasil ini, PDI Perjuangan berhasil menggeser dominasi Partai Golkar dan NasDem yang sudah berakar di Karangasem. Sebelumnya  Mas Sumatri yang notabene Ketua DPC NasDem Karangasem berhasil menduduki kursi orang nomor satu setelah diusung NasDem, Gerindra dan partai-partai gurem lainnya. Pada Pilkada serentak kali ini, Mas Sumatri juga diusung Golkar selain NasDeem dan Gerindra. Sebelum Mas Sumatri, Karangasem dipimpin politisi Golkar I Wayan Geredeg selama dua periode.

Selain di Karangasem, PDI Perjuangan juga sukses di Bangli, Tabanan, Kota Denpasar dan kabupaten Badung. Satu-satunya daerah tempat PDI Perjuangan kecolongan adalah kabupaten Jembrana. Jago yang diusung PDI Perjuangan Made Kembang hartawan, SE – I Ketut Sugiasa, SH, M.Si  merupakan calon incumbent. Kembang Hartawan adalah Wakil Bupati Jembrana. Sementara lawannya  I Made Tamba SH kader partai Demokrat yang mantan Ketua Komisi I DPRD Bali. Dalam Pileg 2019 lalu, Tamba  tidak lolos ke DPRD Bali. Ia mencoba peruntungan menjadi calon bupati dengan berpasangan dengan putra I Gde Winasa, I Gde Ngurah Patriana Krisna, ST,MT.  Ternyata pasangan Tamba- Krisna  mampu mengungguli pasangan incumbent  Kembang-Sugiasa dengan perolehan 58.55 berbanding 41.45 persen.

Di Kabupaten Bangli yang semula diperkirakan bakal berlangsung keras menyusul adanya tiga kader PDI Perjuangan yang dipecat yaitu Bupati Made Gianyar, Ngakan Kutha Parwata dan salah satu kader wanita lainnya, ternyata berlangsung landai. Jago PDI Perjuangan Sang Nyoman sedana Arta – I Wayan Diar berhasil menggungguli I Made Subrata – Ngakan Made Kutha Parwata dengan skor 49.5 berbanding 50.5 persen.  Made Subrata adalah adik Bupati Bangli I Made Gianyar sedangkan Ngakan Kutha Parwata adalah kader PDI Perjuangan yang mantan Ketua DPRD Bangli.

Hasil hitung cepat yang dilaksanakan oleh DPC PDIP Kabupaten Badung, pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta dan I Ketut Suiasa, yang melawan kolom kosong, menang mutlak pada Pilkada serentak 2020 Rabu (9/12).

Menurut Penanggung Jawab Quick Count DPC PDIP Badung, I Nyoman Satria, paslon yang lebih dikenal dengan Paket GiriAsa, memperoleh suara 96,64 persen.

“Hasil itu melampaui dari target yang kita tetapkan 90 persen. Tetapi hasil tersebut belum final dan bukan merupakan rujukan hasil resmi.

Wakil Sekretaris Tim Pemenangan GiriAsa itu. menyebutkan hasil resmi akan disampaikan pada waktunya nanti. “Secara resmi nanti akan diumumkan apakah oleh Bapak Ketua DPD atau Ketua DPC,” kata Ketua Bapemperda DPRD Badung itu.

Di Kota Denpasar  Wakil Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara yang bergandengan dengan I Kadek Agus Arya Wibawa unggul melawan pasangan Gede Ngurah Ambara – Made Bagus Kertha Negara  dengan prosentrase 71.78 berbanding 28.22 persen.

Kesuksesan lainnya juga di Tabanan.  Pasangan  incumbent Dr, Komang Gede Sanjaya, SE, MM  yang menggandeng  I Made Edi Wirawan SE berhasil menggungguli pasangan AA Ngurah panji astika – Dewa Nyoman Budiasa dengan perolehan 51.78 berbanding 48.22 persen. 004/001

Leave a Reply

Your email address will not be published.